Minggu, 08 September 2024

Lapas Pancurbatu Fasilitasi Mesin Self Service di Blok Hunian

Leo Bastari Bukit - Minggu, 21 Juli 2024 17:32 WIB
223 view
Lapas Pancurbatu Fasilitasi Mesin Self Service di Blok Hunian
Foto Dok/Lapas Pancurbatu
FASILITASI: Lapas Kelas IIA Pancurbatu Kanwil Kemenkumham Sumut memfasilitasi layanan self service bagi WBP dan keluarga dalam memberikan keterbukaan dan transparansi Informasi, Sabtu (20/7/2024).
Pancurbatu (harianSIB.com)
Lapas Kelas IIA Pancurbatu Kanwil Kemenkumham Sumut memfasilitasi layanan self service bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan keluarga dalam memberikan keterbukaan dan transparansi Informasi.

Plt Kepala Lapas Kelas IIA Pancurbatu Kriston Napitupulu menyampaikan self service merupakan layanan mandiri yang sudah menjadi bagian program Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam memberikan transparansi pemasyarakatan berbasis teknologi informasi yang melindungi hak-hak narapidana.

"Selain itu mencegah pungutan liar kepada narapidana melalui teknologi sidik jari yang terintegrasi dengan sistem database pemasyarakatan," katanya melalui keterangan tertulis kepada jurnalis SIB News Network (SNN) usai memantau kondisi blok hunian dan warung telekomunikasi khusus (wartelsuspas) di Lapas Pancurbatu, Minggu (21/7/2024).

Baca Juga:

Melalui layanan ini, WBP dapat mengakses informasi terkait dirinya melalui fingerprint. Untuk menggunakan fitur ini, warga binaan diminta untuk meletakkan salah satu jari untuk proses identifikasi pada scanner fingerprint, kemudian akan muncul data pribadi warga binaan teresbut.

"Layanan ini berfungsi untuk mengetahui masa pidana yang telah dijalani setiap warga binaan, seperti perhitungan 1/3, 1/2, 2/3, tanggal ekspirasi, dan dapat melihat jumlah remisi yang telah didapat tanpa dipungut biaya alias gratis," ujarnya.

Baca Juga:

Salah satu warga binaan yang sudah mencoba menggunakan self service tersebut sangat senang dan terbantu dengan adanya mesin self service ini. "Saya bisa lihat dan tahu data saya di Lapas hanya dengan menempelkan jari di alat sidik jari di mesin ini," terangnya. (*)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru