Minggu, 08 September 2024

Permudah Masyarakat, Bank Sumut dan Pemko Binjai Launching Pembayaran PBB dan BPHTB Melalui QRIS

Muhammad Irsan - Kamis, 18 Juli 2024 09:28 WIB
295 view
Permudah Masyarakat, Bank Sumut dan Pemko Binjai Launching Pembayaran PBB dan BPHTB Melalui QRIS
(Foto : SIB/ M Irsan)
Wali Kota Binjai Amir Hamzah melaunching pembayaran PBB, BPHTB dan Pajak Daerah lainnya melalui QRIS, di Lapangan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara, Rabu (17/7/2024).
Binjai (harianSIB.com)
Pemerintah Kota (Pemko) Binjai melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Binjai berkolaborasi dengan Bank Sumut mengadakan launching pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) - Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Daerah lainnya di Kota Binjai melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang digelar di Lapangan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara, Rabu (17/7/2024).

Dalam sambutannya, Wali Kota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP berharap dengan diluncurkannya QRIS sebagai pembayaran pajak dan retribusi, dapat memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Ia juga juga berharap dapat dilakukan sinergi dan kolaborasi antara Pemko Binjai dengan Bank Sumut dalam rangka mensosialisasikan secara masif terkait penggunaan QRIS dalam pembayaran pajak dan retribusi secara optimal.

" Saya berharap dengan adanya QRIS dalam pembayaran pajak dan retribusi semakin memberikan kemudahan masyarakat dalam bertransaksi," jelasnya.

Baca Juga:

Baca Juga:
Jajaran Pemko Binjai dan Pimpinan Bank Sumut Binjai sesi foto bersama usai melaunching Pembayaran PBB dan BPHTB Melalui QRIS di Lapangan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara, Rabu (17/7/2024). (Foto : SIB/ M Irsan)

Di tempat yang sama, Maywanto Siregar selaku Kepala Sub Bidang Pelayanan Pajak Bumi dan bangunan (PBB) BPKPD Kota Binjai mengatakan bahwa pengadaan pembayaran pajak melalui QRIS akan dilakukan secara bertahap.

" Akan disebar di kantor-kantor Lurah dulu, jadi masyarakat dapat bayar pajak di kantor Lurah, lalu scan QRIS-nya juga akan disebar di tempat-tempat umum," ucapnya.

Ia berharap, ke depannya masyarakat dapat rutin membayar pajak melalui QRIS. "Kami berharap masyarakat dapat menggunakan QRIS ini, dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk semakin rajin membayar pajak mengingat aksesnya yang sudah semakin mudah," pungkasnya.

Sementara itu, pimpinan Bank Sumut Cabang Binjai Tri Jaya mengatakan, pembayaran pajak daerah lewat QRIS ini tidak hanya mempermudah pelayanan kepada warga dan pelaku usaha, tetapi pembayaran secara elektronik ini dapat meningkatkan transparansi pengelolaan keuangan daerah.

" Pembayaran QRIS ini juga dapat meminimalisir dan mengurangi pembayaran secara tunai yang dapat meningkatkan transparansi pajak dan retribusi daerah Kota Binjai serta diharapkan semua pembayaran pajak dan retribusi daerah oleh pelaku usaha melalui non tunai yang bekerjasama dengan Bank Sumut dan BKPD Kota Binjai," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Pemko Binjai juga memberi penghargaan untuk masyarakat yang patuh dalam membayar pajak dan retribusi daerah lainnya.

Selanjutnya, memberikan penghargaan kepada kecamatan terbaik dalam peningkatan pembayaran Pajak yaitu diraih oleh Kecamatan Binjai Utara, Kecamatan Binjai Barat, dan Kecamatan Binjai Timur, serta penghargaan Kelurahan Terbaik diraih oleh Kelurahan Timbang Langkat, Kelurahan Cengkeh Turi, dan Kelurahan Sukamaju. (**)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
komentar
beritaTerbaru