Minggu, 08 September 2024

David Roni G Sinaga SE Ajak Warga Menteng Peduli Kebersihan

Desra A Gurusinga - Sabtu, 13 Juli 2024 19:22 WIB
345 view
David Roni G Sinaga SE Ajak Warga Menteng Peduli Kebersihan
(Foto SIB/Desra Gurusinga)
Serahkan : Anggota DPRD Medan David Roni G Sinaga SE menyerahkan bingkisan pada warga saat Sosper No.6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan di Jalan Menteng 7 Gang Ria Ujung Kelurahan Menteng Kecamatan Medan Denai, Sabtu (13/7/2024).
Medan (harianSIB.com)
Pemko Medan didorong untuk memberikan dan memfasilitasi sarana dan prasarana tempat serta angkutan sampah di setiap kecamatan dan kelurahan. Jangan sampai warga kesulitan buang sampah karena tidak ada wadahnya.

"Apabila warga dan Pemko Medan saling mendukung dalam upaya kebersihan, maka lingkungan sekitar akan bersih," ujar Anggota DPRD Medan David Roni G Sinaga SE saat menggelar Sosialisasi Perda (Sosper) No.6 Tahun 2015 tentang Pengelolan Persampahan di Jalan Menteng 7 Gang Ria Ujung Kelurahan Menteng Kecamatan Medan Denai, Sabtu (13/7/2024).

Ketua Pansus PBG DPRD Medan ini kembali menekankan, bahwa dengan penanganan sampah yang benar akan berdampak bagus untuk kesehatan. Selain itu, akan meminimalisir kondisi banjir.

Baca Juga:

"Jangan ada lagi sampah berserak, yang akhirnya jatuh ke parit. Mengakibatkan parit jadi tersumbat, sehingga aliran drainase terganggu dan banjir. Masyarakat harus sadar, tidak membuang sampah sembarangan," pintanya.

Selain itu, politisi muda PDI Perjuangan ini mendorong seluruh kepala lingkungan (Kepling) untuk membentuk bank sampah. Adapun kegunaan bank sampah dipastikan untuk menciptakan kebersihan dan membantu perekonomian masyarakat.

Baca Juga:

"Mari kita mulai mendirikan bank sampah, memilah dan mewadahi sampah mulai dari rumah dan lingkungan sejak dini," tuturnya.

Selanjutnya, David Roni memaparkan, bahwa Perda No 6 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Persampahan, memiliki sanksi pidana seperti hukuman badan dan denda bagi perorangan maupun badan yang melanggarnya.

"Untuk itu, masyarakat harus bijak mengelola dan memanfaatkan limbah sampahnya. Apabila jeli, sampah itu bisa menjadi sumber penghasilan tambahan buat kita," pungkasnya. Pantauan wartawan, selain ratusan masyarakat, dalam Sosperda tersebut juga dihadiri sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat. (**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru