Sabtu, 21 September 2024

KONI Sumut Optimistis Sport Center Rampung Tepat Waktu: Keuntungan Bagi Tuan Rumah

Christopel H Naibaho - Senin, 27 Mei 2024 20:28 WIB
300 view
KONI Sumut Optimistis Sport Center Rampung Tepat Waktu: Keuntungan Bagi Tuan Rumah
(Foto: Dok/Ist)
John Ismadi Lubis
Medan (harianSIB.com)
Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara, John Ismadi Lubis optimistis, pembangunan Sumut Sport Center di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Deliserdang, bisa rampung tepat waktu.

Seperti diketahui, venue utama Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 wilayah Sumut ini ditargetkan selesai Juli mendatang.

"Kalau melihat dari progresnya, siap itu. Kami optimis selesai sesuai jadwal. Kalau tidak ada iklim atau cuaca ekstrem, saya yakin siap," ucap John Ismadi Lubis ketika dihubungi, Senin (27/5/2024).

Baca Juga:

John melihat pentingnya Sumut Sport Center selesai tepat waktu. Sebab, itu akan jadi keuntungan bagi tuan rumah Sumut, terutama bagi atlet yang akan berlaga di PON pada 8-20 September mendatang.

"Kami dari KONI pastinya ingin selesai cepat, karena mau coba lebih dahulu venue-nya. Ini kan keuntungan bagi tuan rumah, atlet kita bisa coba duluan. Kalau bisa sebelum test event kita pakai dulu," tambahnya.

Baca Juga:

Terkait usulan agar PON 2024 ditunda karena bersamaan dengan tahun politik, John tidak mau menanggapi lebih jauh. Pihaknya siap PON digelar tanpa ada penundaan.

"Kami bicara sebagai peserta, itu tidak masalah. Atlet kita siap. KONI sudah buat program untuk PON. Program ini sampai September pas PON. Jadi kami sudah siap," sambungnya.

Saat ini, KONI Sumut sedang menggodok persiapan sentralisasi atlet Sumut yang berjumlah 1.130 orang. Sesuai rencana, sentralisasi dimulai awal Juni 2024.

"Mengenai sentralisasi, masih nunggu kabar. Kami akan rapat lagi pemerintah. Apakah atlet level 1 dan 2 saja yang masuk sentralirasi. Kalau dari kami, maunya semua dapat (sentralisasi)," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo optimis pembangunan Sumut Sport Center rampung tepat waktu pada Juli 2024 mendatang. Itu disampaikan Dito saat kunjungan ke Medan, Jumat (17/5/2024) lalu. Diakui, pembangunan Stadion Utama Sumut telah mencapai 41,27 persen.

"Juli selesai. Saya juga beberapa bulan lalu saat kunjungan kerja ke sini fondasi dan tiang-tiang sudah terpasang. Saya optimis Juli sudah jadi," ujar Menpora Dito.

Menpora Dito berharap seluruh pembangunan infrastrukur bisa selesai tepat waktu. Sehingga pelaksanaan PON tahun ini bisa berjalan sukses dan lancar. Adapun selain stadion utama, juga dibangun Stadion Madya Atletik, Motocross, Voli indoor dan martial art.(*)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru