Minggu, 08 September 2024

Ketua DPRD SU Dukung BPIP dan Kemendikbudristek Intensifkan Pendidikan Pancasila di Sekolah

Firdaus Peranginangin - Jumat, 24 Mei 2024 16:10 WIB
300 view
Ketua DPRD SU Dukung BPIP dan Kemendikbudristek Intensifkan Pendidikan Pancasila di Sekolah
Foto Dok/Firdaus
Dr Sutarto MSi.
Medan (harianSIB.com)
Ketua DPRD Sumut Dr Sutarto MSi mendukung penuh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) intensifkan pendidikan Pancasila di sekolah-sekolah yang berada di bawah Kementerian Agama, guna memperkuat rasa cinta tanah air pada generasi muda.


"Seperti kita ketahui, Kemendikbudristek dan BPIP sedang menyusun Buku Teks Utama (BTU) Pancasila pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah, seperti SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK atau sederajat, untuk mempersiapkan pendidikan Pancasila di sekolah-sekolah," ujar Sutarto kepada wartawan, Jumat (24/5/2024) melalui telepon di Medan.


Berkaitan dengan itu, Sutarto mengajak semua pihak untuk mendukung gebrakan Kemendikbudristek dan BPIP RI tersebut, demi penguatan ideologi dan penyebarluasan wawasan kebangsaan bagi generasi muda bangsa, agar semakin mencintai tanah airnya.

Baca Juga:

"Kita di DPRD Sumut juga terus mengadakan penguatan ideologi dan penyebarluasan wawasan kebangsaan di pesantren dan madrasah-madrasah. Alhamdulillah, anak-anak kita antusias mengikutinya," tandas Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut itu.


Namun demikian, Sutarto menegaskan, upaya melakukan langkah intensif pendidikan Pancasila ini harus didukung dengan tersedianya tenaga pendidik yang cakap dan berkualifikasi mengenai pendidikan Pancasila.

Baca Juga:

"Proses Bimtek, upgrading, training of trainer yang dilakukan kepada para tenaga pendidik harus terus dilakukan secara simultan. Termasuk, jumlah jam pengajaran disesuaikan dalam enam hari belajar efektif sesuai peraturan yang berlaku, " katanya.


Sutarto menambahkan, dorongan legislatif dalam memastikan penerapan pendidikan Pancasila dan BTU dalam satuan pendidikan juga sangat diperlukan, agar generasi muda terutama millenial, Gen-Z dan Alpha, semakin akrab dan cinta tanah air. (**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru