Sabtu, 21 September 2024

Anggota DPRD SU Desak BBPJN Segera Mitigasi Titik Rawan Longsor di Tikungan Tirtanadi Sibolangit

Firdaus Peranginangin - Senin, 13 Mei 2024 19:43 WIB
324 view
Anggota DPRD SU Desak BBPJN Segera Mitigasi Titik Rawan Longsor di Tikungan Tirtanadi Sibolangit
Foto: Dok/Firdaus
Salmon Sumihar Sagala
Medan (harianSIB.com)

Anggota DPRD Sumut Dapil Karo, Dairi dan Pakpak Bharat, Salmon Sumihar Sagala mendesak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumut segera melakukan mitigasi (mengurangi dampak bencana) di sejumlah titik rawan terjadi longsor di kawasan Jalan Jamin Ginting, khususnya Tikungan Tirtanadi Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang.

"Hal ini sangat penting untuk menghindari terjadinya longsor susulan yang menimpa pengguna jalan yang melintas di kawasan tersebut, mengingat kasus serupa sudah pernah terjadi sehingga menimbulkan trauma bagi masyarakat," kata Salmon kepada wartawan, Senin (13/5/2024), di DPRD Sumut.

Salmon berharap BBPJN Sumut tidak serta-merta membiarkan sejumlah titik jalan yang berpotensi terjadi longsor tanpa melakukan pengecekan secara rutin. Sebab, kalau dibiarkan berlarut sangat membahayakan pengguna jalan, apalagi jalur Medan-Berastagi sangat padat arus lalu lintasnya.

Baca Juga:

"Mitigasi ini sangat penting dilakukan, mengingat di jalur Medan-Berastagi kawasan Sibolangit kerap terjadi longsor dan menimpa kendaraan, seperti yang terjadi pada Sabtu, 23 Oktober 2021, satu unit mobil Xenia B 2236 KFB berpenumpang lima orang tertimpa longsor, tiga di antaranya meninggal dan dua lainnya terluka," ujar Salmon.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, kejadiannya juga hampir sama dengan longsor yang terjadi pada Sabtu (11/5), ketika itu saat kendaraan melintas di daerah yang memiliki medan curam bertebing, tiba-tiba terjadi longsoran tanah bercampur batu dan menimpa kendaraan yang ditumpangi 5 orang penumpang.

Baca Juga:

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
komentar
beritaTerbaru