Sabtu, 21 September 2024

Cuaca di Sumut Alami Pancaroba Musim Kemarau ke Hujan

Leo Bastari Bukit - Jumat, 03 Mei 2024 19:18 WIB
719 view
Cuaca di Sumut Alami Pancaroba Musim Kemarau ke Hujan
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww/pri
Arsip foto - Sejumlah pengendara menembus hujan saat melintas di jalan Jenderal Sudirman Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (18/11/2020). Ilustrasi
Medan (harianSIB.com)


Prakiraan cuaca di Sumut mengalami peralihan (pancaroba) dari musim kemarau ke musim hujan. Oleh karena itu, beberapa hari ini, Kota Medan mengalami hujan yang tidak merata.

Petugas Forcaster BBMKG Wilayah I Medan Utami Al Khairiyah mengatakan, saat ini wilayah Sumut peralihan dari kemarau ke musim hujan, ada gangguan cuaca berupa belokan angin dan konvergensi di wilayah Sumut.

"Sehingga wilayah Sumut masih berpotensi hujan ringan hingga lebat. Fenomena alam ini akan berlangsung 2-3 hari ke depan," katanya kepada harianSIB.com, Jumat (3/5/2024).

Ia menyampaikan prakiraan cuaca pada malam hari berpotensi hujan ringan di sebagian besar wilayah Sumut. Potensi hujan lebat terjadi di wilayah Langkat, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Tapanuli Tengah, Sibolga, Samosir, Toba, Deliserdang, Padangsidimpuan dan sekitarnya.

Sementara pada dini hari, berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Mandailing Natal, Padanglawas, Padanglawas Utara dan sekitarnya.

"Suhu udara 17-35.0 °C, kelembaban udara 60-95%.M, arah angin Tenggara-Barat Daya, 10-30 km/jam. Titik panas (Hotspot) di wilayah Sumut pada pantauan satu titik di Labuhanbatu Utara," sebutnya.

BMKG mengimbau agar waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian Pantai Timur, Lereng Timur, Lereng Barat dan Pantai Barat Sumut yang dapat menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya. (*)


Baca Juga:
Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru