Minggu, 08 September 2024

Dishub Sumut: Naik Turun Penumpang di Terminal bukan di Pool Bus

Redaksi - Senin, 05 Februari 2024 18:40 WIB
202 view
Dishub Sumut: Naik Turun Penumpang di Terminal bukan di Pool Bus
Foto: iStock
Ilustrasi
Medan (SIB)
Kabar penertiban pool bus tidak berizin di sepanjang Jalan Sisingamangaraja Medan, mendapat tanggapan dari Kepala Dinas Perhubungan Sumut Dr Agustinus Panjaitan SSiT MT. Menurutnya, Dishub Sumut fokus pada penertiban pool bus untuk memastikan naik turun penumpang dilakukan di terminal.

Agustinus menyampaikan bahwa kondisi terminal kini sudah nyaman dan Dishub Sumut berupaya mendorong penggunaan terminal sebagai tempat utama kegiatan angkutan umum menaikkan dan menurunkan penumpang. "Kondisi terminal sekarang sudah sangat nyaman, maka kita dorong untuk dimanfaatkan. Fokus kita dari sisi regulator, memastikan naik turun penumpang itu dilakukan di terminal," ujarnya, Minggu (4/2).

Dishub Sumut ingin menciptakan perubahan pola pikir penumpang dan operator angkutan umum, agar menjadikan terminal sebagai pusat aktivitas yang memenuhi standar kenyamanan dan keamanan.

Dia menegaskan bahwa pihaknya akan memanggil operator bus, Senin (5/2) hari ini, untuk memberikan instruksi terkait naik turun penumpang yang seharusnya dilakukan di terminal.

Sementara tentang perhatian terfokus pada izin pool bus, Agustinus menegaskan bahwa penutupan pool bus bukanlah perkara mudah. Menurutnya, secara regulasi, pemerintah tidak ada ketentuan terkait izin pool bus di dalam One Single Submission (OSS).

"Kita tidak fokus pada menutup pool atau tidak. Dari sisi regulasi, pemerintah tidak ada itu izin pool bus di OSS. Jadi kita fokus pada naik turun penumpang saja, bukan soal izin," tegasnya.

Dijelaskan upaya penertiban itu dilakukan untuk menciptakan ketertiban lalu lintas dan meningkatkan kualitas layanan transportasi umum di Kota Medan. Dishub Sumut berharap agar perubahan fokus itu dapat membawa dampak positif dalam mendukung kenyamanan dan keamanan transportasi umum di wilayah tersebut. (**)


SHARE:
komentar
beritaTerbaru