Sabtu, 21 September 2024

Ketua DPRD SU Minta BPBD Siaga Antisipasi Banjir dan Longsor di Musim Penghujan

Redaksi - Jumat, 24 November 2023 11:54 WIB
326 view
Ketua DPRD SU Minta BPBD Siaga Antisipasi Banjir dan Longsor di Musim Penghujan
Foto: Ist/harianSIB.com
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting
Medan (SIB)
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut maupun kabupaten/kota tetap siaga penuh mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan longsor di musim penghujan saat ini, guna menghindari terganggunya aktivitas masyarakat.
"Sudah menjadi hukum alam, setiap bulan November dan Desember tercatat sebagai puncak musim penghujan di wilayah Sumut. Pihak BPBD Sumut dan kabupaten/kota harus tetap siaga penuh mengantisipasi bencana alam banjir maupun longsor," ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Kamis (23/11) di DPRD Sumut.
Seperti yang disampaikan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, puncak musim hujan di Medan dan kabupaten/kota lainnya berlangsung hingga November - Desember 2023, sehingga semua pihak harus tetap waspada.
Atas dasar itu, Ketua Baguna DPD PDI Perjuangan Sumut ini meminta BPBD Sumut dan seluruh pihak terkait proaktif mengantisipasi terjadinya longsor, terutama di titik-titik jalan nasional, provinsi maupun kabupaten. Jangan sampai arus transportasi terputus, saat menjelang Natal dan Tahun Baru 2024.
Bahkan Baskami mengingatkan para pemangku kepentingan agar tetap meningkatkan kewaspadaan, dengan menyiagakan alat berat, berupa escavator dan buldozer di titik-titik rawan longsor, guna mengurangi risiko bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan tanah longsor.
"Upaya deteksi dini juga dapat dilakukan dengan memperkuat koordinasi masyarakat hingga tingkat desa, dengan melibatkan aparatur desa. Jika ada bencana, segera melaporkannya ke instansi terkait," ujar Baskami sembari mendorong Pemkab/Pemko tetap memeriksa secara berkala sarana dan pra sarana, serta perlengkapan siaga bencana. Hal ini untuk mengantisipasi secara dini, guna meminimalisir terjadinya korban, jika sewaktu-waktu terjadi bencana tanah longsor dan banjir, karena penanganannya bisa lebih cepat dan tepat disertai peralatan yang lengkap.
"Dengan kuatnya koordinasi antara Pemprov Sumut, Pemkab/Pemko, BPBD, Polri, TNI dan masyarakat, maka upaya mitigasi bencana dapat berjalan dengan baik," tandas Baskami sembari mengajak semua pihak untuk terus berdoa agar Sumut baik-baik saja, tidak terkena banjir maupun longsor pada musim penghujan ini.(**).


SHARE:
komentar
beritaTerbaru