Jumat, 18 Oktober 2024

Pasca Workshop Perencanaan Proyek Underpass Manhattan, HPJI Gelar Seminar Nasional Teknik Jalan 2023

Redaksi - Jumat, 27 Oktober 2023 13:04 WIB
401 view
Pasca Workshop Perencanaan Proyek Underpass Manhattan, HPJI Gelar Seminar Nasional Teknik Jalan 2023
(Foto Dok/HPJI Sumut)
RAPAT PANITIA: Ketua DPD HPJI Sumut Ir Buhan Batubara bersama Ketua Panitia Suhery (2 kanan), Sekretaris Panitia Ir Rina SLingga dan Bendahara Makmun Sukarma beserta Sekretaris HPJI Sumut Ir Tuapril Harianja foto bersama usai rapat panitia, Rabu
Medan (SIB)
DPD Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) Sumatera Utara menggelar Workshop Building Information Modeling (BIM) dalam Perencanaan Proyek Underpass/Ongoing yaitu proyek pembangunan underpass di persimpangan jalan arteri nasional yaitu Jalan Gatot Subroto - Jalan Gagak Hitam Medan. Seminar yang menghadirkan narasumber dari PT WIKA itu digelar, Jumat (20/10) secara daring via aplikasi zoom meeting.
Untuk diketahui, Building Information Modeling adalah salah satu teknologi di bidang arsitektur, engineering dan konstruksi yang mampu mensimulasikan seluruh informasi di dalam satu proyek pembangunan ke dalam model tiga dimensi.
Sistem itu sudah mulai wajib dilaksanakan dalam pekerjaan konstruksi jalan maupun jembatan dan sudah diterapkan dalam proyek pembangunan jalur bawah atau underpass yang sedang berjalan di depan gedung Apartmen Manhattan kawasan ringroad Medan.
Hal itu disampaikan Ketua HPJI Sumut Ir Burhan Batubara di sela rapat bersama Ketua Panitia Suhery, Sekretaris Panitia Ir Rina S Lingga dan Bendahara Makmun Sukarma beserta Sekretaris HPJI Sumut Ir Tuapril Harianja, di Sekretariat HPJI Jalan Busi Medan, Rabu (25/10).
Disebutkan Burhan, setelah workshop itu, HPJI akan menggelar lagi Seminar Nasional Teknik Jalan pada Kamis, 2 November 2023 mendatang yang diawali acara pengukuhan DPD HPJI Sumut masa bakti 2023-2027 oleh Ketua Umum DPP HPJI Ir Hedy Rahadian MSc yang saat ini menjabat Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR.
Seminar Nasional Teknik Jalan itu akan membahas topik “Apa dan Bagaimana Mengenal dan Memahami Spesifikasi Bina Marga revisi Baru (edisi Oktober 2023) dan Harmonisasinya dengan MDP2017. Topik berikutnya adalah “Jalan Bebas Hambatan dan Standar Lainnya”.
Peserta yang hadir di Gedung Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) Kementerian PUPR Jalan Busi No 7A Medan lanjut Burhan, dibatasi jumlahnya sedangkan peserta lainnya dari kebhinamargaan kabupaten/kota bisa mengikutinya melalui aplikasi zoom meeting.
“Seminar nasional itu menghadirkan Ir Poernomo selaku Ketua Tim Penyusun Manual Design Perkerasan 2023 dan Harmonisasi Spesifikasi Bina Marga dan Spesifikasi Jalan Tol 2023,” kata Burhan.
Menurutnya, selama ini di lapangan masih saja terjadi ketidaksinkronan antara spesifikasi teknis yang merupakan rujukan pelaksanaan konstruksi dengan standar lainnya. Termasuk dalam pembangunan jalan tol sering muncul perubahan atau revisi sehingga berdampak pada munculnya perubahan biaya dan waktu.
“Hal inilah yang akhirnya perlu dilakukan harmonisasi dari berbagai aturan dan persyaratan teknis dalam pelaksanaan konstruksi jalan. Diharapkan seluruh insan kebinamargaan mengikuti seminar itu. Peserta dari kabupaten/kota bisa mengikuti seminar melalui zoom meeting,” ajak Burhan yang mantan Sekretaris HPJI Sumut di masa kepemimpinan Umar Zunaidi Hasibuan.
Sedangkan Ketua Panitia Suhery menjelaskan, DPD HPJI Sumut periode 2023-2027 yang akan dikukuhkan adalah Ketua Ir Burhan Batubara bersama Wakil Ketua I, II, III dan IV masing-masing Meuthia Fadila Fachruddin MEng Sc, Ir Suheri MT, Ir Viktor G Sinaga MEng SC dan Ir Alfi Syahriza MEng SC.
Kemudian, Sekretaris Ir Tuapril Harianja ST, Wakil Sekretaris I Ir Rina Lingga MT dan Wakil Sekretaris II Deli Hotna Tanjung ST, Bendahara Makmun Sukarma, Wakil Bendahara I Ir Harry Marbun MSc dan Wakil Bendahara II Ir Mainila Yanti ST MT IPM. (**)


SHARE:
komentar
beritaTerbaru