Jumat, 20 September 2024

Polres Binjai Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota

Redaksi - Selasa, 17 Oktober 2023 18:17 WIB
283 view
Polres Binjai Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota
Foto : SIB/ M Irsan
SIMULASI: Personel Polres Binjai saat menggelar simulasi sistem pengamanan Kota pada Ops Mantap Brata Toba 2023 - 2024, di depan kantor KPU Kota Binjai, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Binjai Barat, Senin (16/10).
Binjai (SIB)
Polres Binjai menggelar kegiatan simulasi Sistem Pengamanan Kota pada Ops Mantap Brata Toba 2023 - 2024, yang dilaksanakan di depan Kantor KPU Kota Binjai, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Binjai Barat, Senin (16/10).

Untuk melaksanakan Simulasi Sistem Pengamanan Kota itu Kapolres Binjai AKBP Rio Alexander Penelewen menurunkan 209 personil yang dipimpin Kabag Ops Kompol Polin B Damanaik SH. Pelaksanaan simulasi itu sesuai surat perintah nomor Sprin/1655/x/ops.1.1.1/2023, tertanggal 13 Oktober 2023.

Pantauan wartawan, kegiatan simulasi dilakukan dengan tiga tahapan, di antaranya barisan Polwan dalam menangani situasi massa yang sudah berkumpul tapi situasi masih kondusif. Setelah situasi mulai ada riak-riak atau tidak kondusif, Polres Binjai menurunkan satu pleton Dalmas awal sebanyak 30 personil tanpa membawa perlengkapan tameng.

Sedangkan di akhir, setelah suasana memasuki situasi anarkis, Polres Binjai juga menurunkan tiga pleton atau satu kompi pasukan Dalmas, lengkap dengan peralatan yang meliputi baju rompi, tameng, serta perlengkapan lainnya

"Terkait Sispam Kota ini, saya meminta kepada personil yang terlibat, agar melaksanakan tugas sebaik mungkin, karena ini bukan hanya sekadar seremonial," ungkap Kapolres Binjai dalam sambutannya.

Selain harus mengetahui tugas dan tanggung jawabnya masing masing, Kapolres Binjai juga menekankan kepada seluruh personilnya yang terlibat dalam Ops Mantap Brata Toba, agar mengetahui zona hijau, kuning dan merah.

"Bagi para perwira agar lebih mengetahui tugasnya dan apa yang harus dilakukan. Jangan ketika sudah berlangsung kegiatan, masih ada yang bertanya bagaimana peran dari masing-masing," tegas AKBP Rio Alexander.

Sebagai Kapolres Binjai, AKBP Rio Alexander juga meminta kepada bagian operasi, agar membuatkan SOP-nya. "Sehingga kepada personil tidak ada keragu-raguan dalam bertindak," ujarnya.

Kegiatan simulasi mendapat apresiasi dari para Forkopimda Binjai. Mereka berharap ke depannya pada pelaksanaan nanti dapat diterapkan agar Pemilu 2024 dapat berjalan aman dan kondusif, khususnya di Kota Binjai.

Simulasi itu juga disaksikan Asisten ll Pemko Binjai Joko Waskito, Ketua DPRD Binjai H. Noor Sri Syah Alam Putra, Ketua KPU Binjai Zulfan Efendi, Dandim 0203/LKT diwakili Pasi Intel Kapten Inf. Eben Ezer Pakpahan, Kajari Binjai diwakili Kasipidum Andri Darma, Ketua Bawaslu Binjai diwakili komisioner Zulkifli, Kepala BPBD Binjaj Iman Siswanto, Kasat Pol PP Ardiansyah Putra Pohan, Ka BNNK Binjai diwakili Kasi Berantas AKP Bambang, Para PJU Polres Binjai, serta Kapolsek jajaran Polres Binjai. (**)



SHARE:
komentar
beritaTerbaru