Jumat, 18 Oktober 2024

PRSU ke-49, Pemkab Nias Tampilkan Obyek Pariwisata Unggulan

Redaksi - Senin, 03 Juli 2023 13:24 WIB
307 view
PRSU ke-49, Pemkab Nias Tampilkan Obyek Pariwisata Unggulan
(Foto: Dok/Wartawan Pemprov)
PRSU: Kasie Pengembangan Promosi DPM-PTSP Nias Ineke diabadikan di Paviliun Nias, Sabtu (1/7) di PRSU, Jalan Gatot Subroto Meda
Medan (SIB)
Paviliun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias di PRSU menampilkan produk-produk UMKM dan obyek-obyek wisata unggulan di daerah tersebut.
"Selain menampilkan produk UMKM lokal di PRSU ini, kami juga tampilkan obyek wisata. Kita bersyukur dengan hadirnya para pelaku usaha ekonomi kreatif baik yang bergerak di bidang kuliner, kerajinan tangan, maupun beragam busana berornamen Nias. Ternyata produk yang ditampilkan membawa daya tarik bagi para wisatawan untuk oleh-oleh dibawa pulang," kata Ineke Kasie Pengembangan Promosi DPM-PTSP Nias ketika ditemui di Paviliun Pemkab Nias di Jalan Gatot Subroto, Medan, Sabtu (1/7).
Ineke menyebutkan, oleh-oleh ciri khas Pemkab Nias menjadi daya tarik wisatawan, satunya gae siata (pisang kepok), gamumu (kimpul), bambu serta rotan. "Maka dari itu, produk lokal bernuansa kedaerahan ini dapat mendukung potensi pariwisata dengan mewujudkan GAWINA (Gaungkan Wisata Nias)," ujarnya.
Selain produk makanan, minuman dan pariwisata, Pemkab Nias juga menghasilkan produk tenunan khas daerah seperti baju adat pengantin berornamen Nias yang selalu diikutkan setiap event di dalam maupun luar daerah. Kemudian lampu anyaman dari bahan bambu bermotif daerah Nias, lampu terbuat dari batok kelapa. Bola nafo (tempat sirih) juga bermotif Nias. Kerajinan bola nafo selalu menghiasi acara-acara adat di Nias.
"Nah dieven seperti PRSU ini semua produk lokal diperkenalkan, sehingga masyarakat luas mengetahui bahwa produk unggulan Pemkab Nias seperti ini," katanya.
Kemudian dia berharap, ajang PRSU dapat membantu para pelaku UMKM di daerahnya masing-masing, sehingga ada persaingan. Yang terpenting adalah masyarakat dapat menjangkau dikarenakan harganya murah. "Event ini sangat bagus dan kesempatan bagi UMKM menghasilkan produk terbaiknya untuk dipasarkan di masyarakat luas," ungkapnya.
Ditambahkan, PRSU diharapkan dapat mendatangkan investor untuk membangun dunia pariwisata di setiap daerah yang masih belum terekpos. "Saya berharap ada investor turun dan membangun dunia pariwisata di setiap daerah. Bangkitnya pariwisata, otomatis para UMKM menggeliat dengan hasil kerajinannya," harapannya.
Adapun obyek-obyek pariwisata unggulan Pemkab Nias di antaranya, Pantai Bozihona, Pulau Ono Limbu Kecil di Sonorkeling, Puncak Ida Nagawo, Puncak Hili Gui-gui, Air Terjun Baho Mua, Pulau Onolimbu Besar, Air Terjun Handro Handro, Air Terjun Mo'Ambolo, Air Terjun Baho Huo dan Air Terjun Baho Ladea. (A8/a)


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
komentar
beritaTerbaru