Jumat, 20 September 2024

Rektor Wisuda 2.437 Lulusan USU

Redaksi - Jumat, 05 Mei 2023 12:29 WIB
249 view
Rektor Wisuda 2.437 Lulusan USU
Foto: Ist/harianSIB.com
Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Dr. Muryanto Amin S.Sos MSi melantik 2.437 lulusan.
Medan (SIB)
Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin SSos MS mengatakan, alumni USU akan mampu membawa perubahan besar di dunia industri, saat mereka memerlukan sesuatu yang baru dan itu datangnya dari alumni USU sendiri.
Megashift memerlukan bahan dasar seperti pengetahuan atau tahu mengenai suatu masalah. Bahkan harus menjadi bagian dari melakukan sesuatu (be a part of doing something) yaitu untuk merancang solusi lebih sustainable dengan cara melakukan aksi-aksi nyata berbasis product knowledge yang langsung bermanfaat bagi kehidupan manusia, kata Muryanto pada wisuda 2.437 orang lulusan USU yang telah menyelesaikan studinya mulai Februari hingga April 2023 di Auditorium USU Medan, Kamis (4/5).
Dikatakan Rektor, tidak perlu ragu melakukan atau mencoba sesuatu yang baru mengatasi masalah dan mengganti cara-cara lama yang sudah usang dengan metode dan substansi yang baru.
Jika setiap alumni USU memiliki kemampuan megashift, maka akan menghasilkan dua keterampilan sekaligus, yaitu memiliki narasi pengetahuan dan program aksi mengatasi masalah yang terjadi. Bukan hanya jago beretorika atau bicara gagasan tetapi juga jago melakukan aksi nyata mengatasi masalah itu secara terukur.
Kemampuan seperti itulah yang sekarang dibutuhkan oleh industri agar sustainable yang dihasilkan, berdampak pada kualitas diri sendiri.
Dikatakannya ,semoga ilmu yang telah diperoleh selama masa perkuliahan, dapat menjadi bekal yang berarti untuk kehidupan dan kiranya dapat mengantarkan mendapatkan pekerjaan yang diharapkan atau mengantarkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, dalam rangka meningkatkan kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memberikan manfaat yang lebih luas di dalam kehidupan.
Dijelaskan Rektor, lulusan USU periode ini terdiri dari 994 orang (40.79 %) pria dan 1.443 orang (59.21 %) wanita. Hingga saat ini jumlah lulusan USU tercatat 245.945 orang.
Wisuda periode ini mengambil tema “Megashift: transformasi mengatasi masalah menjadi solusi di dunia industri”.Tema ini berpesan kepada kita semua tentang perubahan yang terjadi di dunia mengharuskan kita melakukan adaptasi tanpa henti.
Universitas Sumatera Utara yang mengelola jumlah mahasiswa 44.062 orang dan telah menghasilkan alumni sebanyak 240.533 orang, harus tetap bergerak secara kolaboratif atau bergotong royong dengan berbagai stakeholder lainnya agar alumni yang dihasilkan cepat diserap oleh industri, katanya. (A2/a)



Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
komentar
beritaTerbaru