Jumat, 20 September 2024

Plt Kadis Kesehatan Langkat: Vaksin Covid-19 Sinovac Dijamin Aman

Redaksi - Senin, 15 Maret 2021 19:10 WIB
365 view
Plt Kadis Kesehatan Langkat: Vaksin Covid-19 Sinovac Dijamin Aman
(Foto: Istimewa)
Ilustrasi vaksin. 
Langkat (SIB)
Plt Kadis Kesehatan Kabupaten Langkat dr Juliana mengatakan, vaksin Covid-19 untuk masyarakat Langkat sudah melalui tahap pengujian klinis Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI dan sudah teruji kehalalannya oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Hal itu disampaikan dr Juliana didampingi Sekdakab Langkat dr H Indra Salahuddin. Didampingi Plt Asisten I Pemerintah Basrah Pardomuan, juru bicara Covid-19 dr Azhar Zulkify dan Ketua MUI Langkat H Zulkifli Dian saat Rakor dan sosialisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap II, untuk pelayanan publik di Kabupaten Langkat, di Ruang Pola Lantai II Kantor Bupati Langkat, Stabat, Rabu (10/3).

Rapat Kordinasi (Rakor) dilaksanakan secara tatap muka kepada Kepala Perangkat Daerah di jajaran Pemkab Langkat, Pejabat Polres Langkat dan Camat se-Langkat. Sementara kepada Ka. UPT Puskesmas, Kepala Sekolah dan pelayanan publik lainnya se-Langkat melalui daring.

Disebutkannya, pemerintah menjamin sepenuhnya keamanan vaksin merek Sinovac ini, dari segi kesehatannya. Jadi masyarakat untuk tidak meragukannya lagi. Karena vaksin ini, sudah melalui serangkaian tahap pengujian secara klinis, oleh pihak fase III Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Bahkan melalui Fatwa MUI Nomor: 02 Tahun 2021, tentang Produk Vaksin Covid 19 dari Sinovac Life Science Co. LTD China dan PT Bio Farma (Persero) sduah teruji kehalalannya dan tidak perlu diragukan, sebutnya.

Sebelumnya Sekda Langkat menegaskan, menghadapi vaksinasi tahap II, Pemkab Langkat telah mempersiapkan Tenaga Medis yang memiliki kredibilitas dan berkompeten. Guna memeriksa dan menskrening kesehatan setiap orang, untuk mengetahui apakah peserta tersebut, dapat divaksin, tidak dapat divaksin atau ditunda untuk melakukan vaksinasinya.

Pemerintah menjamin sepenuhnya keamanan vaksin merek Sinovac ini, baik kehalalan maupun dari segi kesehatannya. "Jadi bagi masyarakat, kami imbau, untuk tidak meragukannya lagi," imbuhnya. (A7/f)

Sumber
: Hariansib edisi cetak
SHARE:
komentar
beritaTerbaru