Jumat, 20 September 2024

Personel Polda Sumut Budidaya Kerangbatu, Tembus Pasar Internasional

Redaksi - Senin, 15 Juni 2020 10:57 WIB
331 view
Personel Polda Sumut Budidaya Kerangbatu, Tembus Pasar Internasional
Bripka Abdul Kadir. 
Medan (SIB)
Personel Ditpol Airud Polda Sumut, Bripka Abdul Kadir, berhasil membudidayakan kerang batu sampai menembus pasar internasional seperti Malaysia, Thailand dan China.

Kepada wartawan Bripka Abdul Kadir, Sabtu (13/6) warga Jalan Young Pana Hijau Lingkungan 5 Gang Antara, Kelurahan Labuhandeli, Medan Marelan menjelaskan rutinitas sebagai anggota kepolisian tak membuatnya berhenti mengembangkan hobi.

Pria yang akrab disapa Wancu ini sejak 9 tahun lalu mengembangkan budidaya kerang batu. "Saya awalnya coba-coba
mengembangkannya dari pemberian kawan tetapi, sempat tak laku dijual. Lalu kerang itu saya coba tabur di lahan bekas abrasi pantai," katanya.

Eksperimen pertama tak membuahkan hasil. Kerang yang ditabur perlahan-lahan mati karena panasnya lumpur dan air laut. Setelah mengamati secara otodidak, lalu memberanikan diri menggunakan bibit yang lebih besar, " Alhamdulillah berhasil. Budidaya kerang batu semakin berkembang, kemudian mulai mencari tempat penampungannya" sebutnya.

Lanjut Kadir, ia pertama kali menawarkan ke para penampung kerang batu. Para penampung tak percaya, namun setelah melihat ke lokasi tambak, mereka langsung memesan kerang sebanyak 200 kilogram.

Menurut Kadir, setelah 9 tahun berjalan, kini budidaya kerangnya dapat menghasilkan ukuran kerang yang besar dan sudah mencapai hitungan ton. Ia juga turut menggandeng masyarakat sekitar dengan membangun kelompok nelayan.

"Saya menjalani rutinitas biasa sebagai polisi dan menggandeng masyarakat dalam budidaya ini. Saya melakukan support untuk masyarakat apalagi saat ini sedang pandemic Covid -19. Ini juga sebagai program ketahanan pangan untuk membantu masyarakat ," ucapnya.(RH/c)

SHARE:
komentar
beritaTerbaru