Jumat, 03 Apr 2020

2.640 Nakes Langkat Dikerahkan 8 Warga Langkat ODP Corona

redaksisib Kamis, 26 Maret 2020 11:12 WIB

dr Arifin

Langkat (SIB)
Sebanyak 2.640 tenaga kesehatan (Nakes) dilibatkan dalam upaya pencegahan wabah virus corona tersebar di lima Rumah Sakit Umum (RSU) rujukan/isolasi. PDP Corona maupun 32 UPT di wilayah Kabupaten Langkat

"Selain melakukan berbagai bentuk imbauan dan penyemprotan disinfektan perkantoran dan tempat umum, Satgas Gugus juga mengerahkan 2,640 tenaga kesehatan, untuk menekan penyebaran wabah Corona di Langkat, " sebut dr Arifin selaku Juru bicara Satuan Gugus Tugas Pencegahan. Corona Virus Disease 19 Langkat di Posko Covid-19 Dinkes Langkat di Stabat, Selasa (24/3).

Adapun lima rumah sakit isolasi PDP yang terbagi tiga wilayah tersebut, jelas dr Arifin, untuk Langkat Hilir di RSU Putri Bidadari dan RSU Tanjungpura, Langkat Hulu, RSU Delia dan Wilayah Teluk Aru RSU Pertamina Pangkalanbrandan dan RSU PTP-N II Tanjungselamat Kecamatan Batangserangan.

Kekuatan Tenaga kesehatan di kelima RSU rujukan tersebut berjumlah 713 orang terdiri dari 117 tenaga spesialis umum, 6 spesialis paru, 14 penyakit dalam, 54 dokter umum, 462 bidan dan 376 perawat. Kelima RSU itu memiliki kapasitas ruang Isolasi sebanyak 14 Bed dan 33 bed tempat tidur.

Satuan Gugus Tugas Langkat saat ini memersiapkan tambahan 40 tempat tidur untuk karantina kasus virus corona, di mess USU Pamah Tambunan Kecamatan Salapian, Gedung PKK dan Akper Pemkab Langkat di Stabat.

Secara terpisah menyinggung Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis khususnya menangani PDP Corona itu dr Arifin selaku Kabid Yankes Dinkes Langkat mengakui memang APD masih belum mencukupi.

Pihaknya mengusulkan ke Satuan Gugus Provinsi dan Pemkab Langkat saat ini akan mengalokasikan APD melalui anggaran daerahnya demi keselamatan para medis tersebut.

8 Warga Langkat ODP
Sementara menyikapi perkembangan kasus Covid 19 di Langkat dr Arifin mengaku saat ini tercatat 8 warga Langkat, masuk dalam kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP) Virus Covid-19. Kesemuanya memang baru kembali dari luar negeri.

Empat warga baru kembali dari wisata rohani Jerusalem. Tiga warga lagi dari Malaysia dan satu dari Papua. Sedangkan dari 8 ODP.

4 warga telah melewati masa pemantauan selama 14 hari, namun juga masih dalam pengawasan petugas kesehatan setempat.

Sedangkan empat warga lainnya. 1 ODP di rumah sakit rujukan wilayah Langkat Hulu dan 3 ODP di rumah, sebutnya (M-24/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments