Jumat, 23 Agu 2019

Stok Darah Selama Lebaran di RS Adam Malik 2.579 Kantong

Sabtu, 01 Agustus 2015 11:56 WIB
Medan (SIB)- Stok Kantong darah di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan mulai 1 Juli hingga 24 Juli terdistribusikan kepada pasien sebanyak 2.394 kantong. Sementara, stok pada saat yang sama di bank darah rumah sakit sebanyak 2.579 kantong.

"Dari jumlah tersebut, stok rumah sakit di bank darah 2.340 kantong, dropping dari PMI dan RS Columbia Asia sebanyak 239 kantong. Jadi, antara kebutuhan untuk pasien saat lebaran dan stok masih ada lebih 239 kantong," kata Kepala Unit Transfusi Darah RSUP H Adam Malik dr Ida Adhayanti SpPK di ruang kerjanya, kemarin

Untuk terus menambah stok darah di rumah sakit, sambungnya, Kamis (23/7) lalu UTD RS Adam Malik kembali menyelenggarakan donor darah bekerjasama dengan Lantamal. Selain itu ada juga bantuan rutin dari Budha Tzu Chi yang mempunyai beberapa lokasi kegiatan donor darah setiap bulannya.

Dikatakannya, selama libur Idul Fitri 1436 H dibutuhkan darah sebanyak 357 kantong. Jumlah tersebut paling banyak digunakan untuk pasien bedah karena kecelakaan, obgyn, anemia dan leukemia. "Pasien kecelakaan yang harus menjalani bedah itu butuh 141 kantong darah. Selebihnya untuk pasien anemia dan leukemia yang menjalani rawat inap di rumah sakit," ujarnya.

Kebutuhan darah saat lebaran lalu, tepatnya mulai 16 hingga 21 Juli, unit yang paling banyak meminta atau butuh darah dari IGD sebanyak 141 kantong, obgyn 20 kantong, ruang rawat bedah Rindu B 38 kantong, ruang bedah syaraf 27 kantong, rawat inap anak 35 kantong, ICU 26 kantong. Selebihnya untuk ruangan rawat inap yang memang rutin butuh darah.

"Intinya, semua kebutuhan pasien akan darah terpenuhi, baik dari bank darah rumah sakit maupun hasil donor dari keluarga. Terutama saat lebaran kemarin," tuturnya seraya merinci pemakaian darah untuk lebaran yakni dari bank darah rumah sakit sebanyak 317, sementara tambahan 40 kantung berasal dari keluarga pasien yang mendonorkan darahnya.

"Sebab, ada darah yang tidak cocok dengan si pasien, makanya donor diambil dari pihak keluarga. Selain itu, tujuan lainnya, untuk menggantikan stok darah di bank darah di rumah sakit," katanya. (A21/y)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments