Jumat, 06 Des 2019

Pemkab Deliserdang Gelar Halal Bi Halal

Sabtu, 01 Agustus 2015 11:45 WIB
Lubukpakam (SIB)- Halal Bi Halal Idul Fitri 1436 H jajaran PNS Pemkab Deliserdang berlangsung penuh keakraban dan kekeluargaan diawali pembacaan Ayat Suci Al Qur’an oleh Qori Deliserdang Nazli Aditya Isnaini, di kompleks Kantor Bupati di Lubukpakam dihadiri seluruh PNS.

Atas nama Bupati Deliserdang dan secara peribadi beserta keluarga, H Ashari Tambunan menyampaikan mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh jajaran PNS mungkin ada khilaf dan salah ketika menjalankan tugas sehari-hari sembari menyatakan telah memaafkan mereka. Dia berharap ibadah yang dilakukan selama Bulan Suci Ramadan diterima Allah SWT dan mendapat hikmah termasuk dalam peningkatan  kedisiplinan diri serta kepekaan terhadap sekelilingnya terlebih dalam menghadapi tugas-tugas kedepan.

“Demikian kepada saudara kita yang tidak diwajibkan berpuasa diucapkan terimakasih karena telah menunjukan penghormatan dan menghargai umat yang melaksanakan puasa. Sikap itu tentu harus kita pupuk dan tingkatkan bagi kokohnya kebersamaan dan terjaganya organisasi ini yang diharapkan menjadi modal kekuatan bagi perwujudan Visi-Misi Pembangunan Deliserdang yaitu Deliserdang yang maju berdaya saing, religius dan bersatu dalam kebhinnekaan,” katanya.

Al Ustadz H Bambang Irawan Hutasuhut SAg dalam Tausiyahnya menjelaskan tentang kisah hikmah Halal Bi Halal dan asal muasal yang akhirnya menjadi tradisi di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Halal Bi Halal berasal dari bahasa Arab yang pada intinya bertujuan untuk saling melepaskan diri dari cengkraman dosa, menjauhkan sifat iri dan dendam.

Dikatakan adanya acara Halal Bi Halal bermula ketika para pendiri bangsa berkumpul untuk memproklamirkan kemerdekaan RI. Mereka mempererat tali persaudaraan dan saling bersalaman untuk memperkokoh kebersamaan dan akhirnya menjadi tradisi hingga sekarang terlebih pada bulan Syawal yang disebut bulan kemenangan.

Dia mengatakan kita pantas bersyukur karena Allah menyerukan kepada umat yang beriman diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Itu sudah kita lakukan semoga Allah menempatkan kita pada golongan orang-orang yang beriman, karena orang yang beriman kata Allah hidupnya akan tenang, tenteram dan penuh kebahagiaan. Allah telah menjanjikan dalam Al Qur’an, mengharamkan jasad orang-orang yang beriman disentuh api neraka.

Ketua panitia Drs H Asli Rambe SH MPd yang juga Kabag Kemasyarakatan melaporkan kegiatan Halal Bi Halal 1436 H bertujuan untuk meningkatkan kekompakan dan kebersamaan dalam upaya membangun Deliserdang sejalan dengan visi-misinya. (A24/h)

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments