Sabtu, 22 Feb 2020

Kloter III Dilepas, 35 Calhaj Terkendala Visa Berada di Asrama Haji

Senin, 24 Agustus 2015 10:59 WIB
Medan (SIB)- Hingga keberangkatan kloter III, Minggu (23/8) sebanyak 35 orang calon haji (Calhaj) Embarkasi Medan yang terkendala visanya masih tetap berada di asrama haji. Dari jumlah tersebut 10 Calhaj pendamping dari keluarga yang terkendala visanya.

Seperti diberitakan sebelumnya visa Calhaj Embarkasi Medan yang belum keluar visanya sejak awal keberangkatan sebanyak 570. Hingga, Minggu kemarin jumlah tersebut menyusut menjadi 490 berarti 80 visa sudah keluar.

Kasi Pendaftaran dan Dokumentasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan Eri Nova SE mengatakan, secara berangsur-angsur visa akan keluar. “Mudah-mudahan visa tersebut akan keluar seluruhnya,” kata Eri ketika dihubungi, Minggu (23/8).

Sedangkan Ketua PPIH Embarkasi Medan Drs H Tohar Manyoangin secara terpisah mengatakan, berangsur-angsur Calhaj yang terkendala visanya akan diberangkatkan melalui Kloter berikutnya. “Kami berupaya memberangkatkan melalui kloter berikutnya,” kata Tohar yang juga Kakanwil Kemenagsu.

Kloter III Calhaj asal kota Medan, kemarin dilepas Plh Wali Kota Medan Ir H Syaiful Bahri. “Melaksanakan ibadah haji merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh jamaah haji setelah menunggu dengan sabar sekian tahun untuk memenuhi rukun Islam kelima,” kata Syaiful dalam sambutannya.

Untuk itu lanjut Syaiful melaksanakan ibadah haji harus dilandasi dengan niat yang tulus dan ikhlas sesuai dengan manasik yang diajari Allah melalui RasulNya. “Jauhi hal-hal yang mengurangi kemabruran, laksanakan ibadah dengan tertib dan khusuk serta taati jadual-jadual yang ditetapkan oleh Arab Saudi,” pintanya.

Keberangkatan Kloter III ditandai penyerahan bendera merah putih dari Plh Wali Kota Medan kepada Ketua Kloter H Amrul Gofar didampingi petugas Kloter lainnya. “Petugas Kloter harus menjaga kekompakan dalam menjalankant tugas sehingga jemaah bisa melaksanakan ibadah haji dengan sempurna,” ucap Amrul Gofar menjelang keberangkatan kloter III di Aula I Hadinatul Hujjaj Asrama Haji Medan.

Kloter III keseluruhan asal Calhaj kota Medan jumlah semula 393 Calhaj, menjadi 374 setelah 18 Calhaj gagal karena terkendala visa. Dari jumlah 18 tersebut, 14 di antaranya belum keluar visa dan 4 pendamping yang belum keluar visanya.

Kloter III bertolak dari bandara Kualanamu pukul 14.35 WIB dijadualkan akan tiba di Bandara Madina pukul 18.20 waktu Arab Saudi (WAS).

Sementara kloter IV Calhaj asal Langkat dan Medan masuk ke asrama haji secara bertahap sejak pukul 15.00 WIB, kemarin. Dijadwalkan Kloter IV bertolak ke tanah suci, Senin (24/8) pukul 12.45 WIB. (R10/Dik DH/ r)
T#gs
Berita Terkait
    Komentar
    Komentar
    Silakan Login untuk memberikan komentar.
    FB Comments