Kamis, 27 Feb 2020
Banner Menu
Detail Utama 1

Calhaj Terkendala Visanya Berangkat, Lakukan Sujud Syukur

Selasa, 25 Agustus 2015 09:29 WIB
Medan (SIB)- Sebanyak 14 calon haji (Calhaj) yang terkendala visanya akhirnya berangkat, bersama kloter IV melakukan sujud syukur di Aula I Madinatul Hujajj Asrama Haji Medan, Senin (24/8). “Kami merasa bersyukur bisa berangkat,” sebut Darmaya salah seorang Calhaj asal Medan.

Ke-14 Calhaj ini berasal dari Kloter III seluruhnya asal Medan. Mereka sempat tertunda berangkat karena visa belum keluar.

Hingga Senin kemarin sisa visa Calhaj Embarkasi Medan yang belum keluar 170 visa dari semula 570. “Mudah-mudahan visa Calhaj Embarkasi Medan bisa selesai keseluruhannya dan akan diberangkatkan secara bertahap,” sebut Kasi Pendaftaran dan Dokumentasi PPIH Embarkasi Medan Evi Nova.

Calhaj Embarkasi Medan yang terkendala visanya dari Kloter I hingga IV sebanyak 26 orang ditambah 10 pendamping/keluarganya berada di asrama haji.

“Mereka kami tanggung akomodasinya hingga berangkat,” kata Ketua Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Asrama Haji Drs H Sutrisno. Mereka, kata Sutrisno, ditempatkan di gedung Quba. Menyikapi pelayanan terhadap Calhaj menurut Sutrisno hingga keberangkatan Kloter IV tidak ada jamaah yang yang komplain. “Alhamdulillah hingga keberangkatan Kloter IV jamaah belum ada yang komplain,” kata Sutrisno.

Sementara kloter IV jamaah haji asal Langkat dan Medan dilepas Bupati Langkat H Ngogsesa Sitepu SH. “Kesehatan adalah pendukung utama bagi jamaah haji, mengingat kondisi di tanah suci membutuhkan kesehatan yang prima. Untuk itu jagalah kesehatan,” kata Ngosesa dalam sambutannya.

Selain itu Ngosesa juga meminta jamaah selalu berkonsultasi dengan petugas yang ditunjuk pemerintah.

Kakankemenag Langkat Drs HT Darmansyah MT mengatakan bupati memberi bantuan kepada TPHI, TPIHI, TKHI masing-masing Rp 1 juta. Sedangkan kepada Calhaj Langkat sebesar Rp 300 ribu per orang. “Pemkab Langkat juga menyediakan transport bagi Calhaj,” tambah Darmansyah.

Dua Calhaj Langkat tertunda keberangkatannya karena sakit, 11 Calhaj gagal berangkat karena belum keluar visanya sedangkan 4 Calhaj pendamping/keluarga yang belum keluar visanya. Sementaranya 14 Calhaj asal Medan berasal dari Kloter III yang sudah keluar visanya berangkat bersama Kloter IV ini. Kloter IV bertolak dari Bandara Kualanamu pukul 12.45 WIB.

Kemarin PPIH Embarkasi Medan tidak melaksanakan penerimaan jamaah. Kloter V Calhaj asal Binjai dan Tebingtinggi dijadualkan masuk asrama haji hari ini, pukul 11.00 WIB Selasa (25/8). (R10/y)




T#gs
Berita Terkait
    Komentar
    Komentar
    Silakan Login untuk memberikan komentar.
    FB Comments