Kamis, 13 Agu 2020

    YLKI Minta Disperindag Medan Tertibkan Makanan Kedaluarsa

    Sabtu, 12 Juli 2014 11:55 WIB
    Medan (SIB)- Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Medan diminta menertibkan super market yang menjual makanan dan minuman kedaluarsa.

    "Karena makanan dan minuman yang sudah habis masa berlakunya tersebut, cukup berbahaya bagi kesehatan manusia dan jangan dijual kepada  masyarakat," kata Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumut, Abu Bakar Siddik di Medan, Jumat (11/7).

    Biasanya, menurut dia, beberapa hari lagi memasuki Lebaran, supermarket banyak yang menjual parsel kepada konsumen dan di antara kemasan tersebut terdapat makanan dan minuman yang habis masa berlakunya.

    "Juga ada makanan yang sudah rusak dan terbuka, hal ini jelas tidak baik bagi kesehatan, bisa saja menimbulkan penyakit," ucap Abubakar.

    Dia menyebutkan, Disperindag sebagai pembina bagi para pedagang maupun pengawas supermarket harus bertanggung jawab mengenai makanan dan minuman yang kedalursa tersebut.

    Disperindag Kota Medan jangan sampai lengah atau bobol dengan beredarnya makanan dan minuman yang kedaluarsa tersebut.

    "Petugas Disperindag Kota Medan bekerjasama dengan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Medan diminta melakukan razia di lapangan dengan cara mendatangi super market," ujarnya.

    Abubakar menambahkan, pusat perbelanjaan yang memasarkan kemasan rusak kepada masyarakat, juga dapat dikenakan dengan Undang-Undang  Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dengan ancaman hukuman lima tahun penjara atau membayar denda senilai Rp 2 miliar.

    Karena itu, pemilik super market dan pusat perbelanjaan yang serba mewah tersebut harus lebih ekstra hati-hati dalam memasarkan produk dan jangan dijual secara sembarangan kepada konsumen.

    Sebelumnya, Pemkot Medan melalui Tim Terpadu Pengawasan Makanan  menemukan makanan dan minuman kedaluarsa dan kemasan rusak dijual di pusat perbelanjaan modern dan super market. (Ant/q)
    T#gs
    Komentar
    Komentar
    Silakan Login untuk memberikan komentar.
    FB Comments