Minggu, 05 Apr 2020

    Penggelembungan dan Pencurian Suara Mendominasi Laporan yang Diterima Bawaslu Sumut

    * Rekapitulasi Pileg Sumut Belum Dibawa ke Jakarta, Menunggu Hasil dari Nisel
    Selasa, 29 April 2014 15:59 WIB
    Medan (SIB)- Bawaslu Sumut telah menerima lebih dari puluhan laporan pelanggaran dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 dari berbagai daerah. Laporan tersebut paling banyak didominasi tentang dugaan penggelembungan dan pencurian surat suara.  "Kami telah menerima banyak sekali laporan kecurangan yang didominasi kasus dugaan penggelembungan dan pencurian surat suara," ucap Ketua Bawaslu Sumut Syafrida pada wartawan, Senin (28/4/2014).

    Selain penggelembungan dan pencurian suara, lanjut Syafrida, Bawaslu juga menerima berbagai laporan terkait money politics dan pelanggaran lainnya. "Mengenai data lengkap soal laporan kecurangan atau pelanggaran Pemilu, kami (Bawaslu) belum mendata secara keseluruhan, karena jumlahnya terus bertambah. Seperti satu hari ini saja, ada 12 laporan yang masuk, belum lagi dari rekan-rekan Panwaslu di kabupaten/kota," kata Syafrida.

    Syafrida juga menyarankan pada pihak pelapor agar secepatnya bila ingin melaporkan adanya temuan karena laporan akan ditunggu hingga 30 April 2014 nanti. "Kami akan kumpulkan dan kami data keseluruhannya hingga per tanggal 30 April 2014 nanti. Begitu juga kepada masyarakat yang ingin melaporkan kecurangan pemilu, paling lambat kami terima tanggal 30 April juga," jelasnya.

    Sementara itu, hasil rekapitulasi  perolehan suara Pemilu Legislatif 2014 di Sumut belum bisa dibawa ke Jakarta untuk direkap secara nasional karena masih menunggu hasil rekapitulasi di Kabupaten Nias Selatan dan Padang Lawas.

    Komisioner KPU Sumut Evi Novida Ginting mengatakan, KPU Nias Selatan (Nisel)  baru melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU)  sehingga rekapitulasi masih berlangsung, sedangkan KPU Palas diperintahkan melaksanakan PSU di 3 TPS yakni TPS Kecamatan Huristak, PSU Nisel dan Palas sama-sama berdasarkan rekomendasi Panwas setempat.

    Evi menyebutkan, setelah tahapan di kedua kabupaten tersebut rampung, barulah KPU Sumut melakukan rekaputulasi tingkat Provsu untuk menggabungkan hasil Pileg di kedua daerah tersebut dengan hasil Pileg daerah lain yang sudah dihitung sebelumnya.

    Sumber yang diperoleh dari Teluk Dalam, Nias Selatan, rekapitulasi  di 1034 TPS baru akan dilaksanakan hari ini, Selasa (29/4) dan diperkirakan baru selesai besok, Rabu (30/4). Semula PSU dilaksanakan hanya untuk Caleg DPRD Kabupaten Nisel, namun Bawaslu Pusat memerintahkan dilakukan menyeluruh yakni Caleg DPR RI, DPD RI, Caleg DPRD Provinsi dan Kabupaten di semua TPS. (A22/A14/c)
    T#gs
    Komentar
    Komentar
    Silakan Login untuk memberikan komentar.
    FB Comments