Jumat, 06 Des 2019

    Dua Lembaga Pemantau Pemilu Mendaftar ke KPU Sumut

    Kamis, 27 Maret 2014 14:04 WIB
    Medan (SIB)- Beberapa hari lagi masa penutupan pendaftaran lembaga pemantau Pemilu di tingkat KPU Sumut. Namun hingga menjelang penutupan, baru hanya ada dua lembaga pemantau yang telah terakreditasi oleh KPU Sumut. Kedua lembaga yang telah terakreditasi sebagai lembaga pemantau Pemilu 2014 yakni LSM Perintis dan LIPPI. Demikian dikatakan Kabag Hukum dan Teknis Sekretariat KPU Sumut Maruli Pasaribu, Selasa (25/3/2014).

    "Sejauh ini masih  dua yang terakreditasi oleh KPU Sumut, namun kita masih belum rampungkan apakah lembaga pemantau lainnya ingin mendaftarkan ke KPU Sumut,karena penutupan pendaftaran oleh KPU Sumut per tanggal 31 Maret 2014," " ujar Maruli.

    Tambahnya, KPU Sumut telah membuka pendaftaran terhadap lembaga pemantau pemilu ini telah berlangsung beberapa waktu yang lalu. Terhadap beberapa lembaga yang mendaftar pun dilakukan proses akreditasi.

    "Namun, meski hanya dua lembaga yang terdaftar di KPU Sumut, bukan berarti hanya kedua lembaga itu yang akan memantau proses Pemilu mulai dari pemungutan hingga penghitungan suara. Menurut anggota KPU Sumut Yulhasni, juga akan ada lembaga pemantau pemilu yang merupakan jaringan lembaga di Sumut yang berkedudukan di Jakarta. "Jadi kalau yang nasional itu gak perlu mendaftar ke kita karena mereka langsung ke KPU RI," jelasnya.

    Ia menjelaskan, lembaga pemantau Pemilu punya hak untuk mengakses proses pemungutan suara hingga proses penghitungan perolehan suara.

    Nantinya, setiap pemantau yang berada di TPS, akan dilengkapi dengan tanda pengenal. "Tidak bisa dia kalau tidak pakai tanda pengenal. Tanda pengenalnya itu KPU Sumut yang keluarkan," ujarnya. (Dik3/w)
     

    T#gs Pemilu
    Komentar
    Komentar
    Silakan Login untuk memberikan komentar.
    FB Comments