Minggu, 22 Sep 2019

    Dinkesos Provsu Mengklaim Penanganan Pengungsi Sinabung Sudah Sesuai Prosedur

    Selasa, 04 Februari 2014 13:55 WIB
    Medan (SIB)- Kepala Dinas Kesejahteraan dan Sosial Pemprovsu Alexius Purba mengklaim, hingga saat ini penanganan pengungsi Gunung Sinabung sudah sesuai prosedur dari pemerintah. Dari  30.117 jiwa lebih pengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung, Dinkesos Provsu telah memberikan 900 paket Sembako, selimut, makanan bayi dan bantuan personil TAGANA Provsu ke lokasi pengungsian.

    Sementara mengenai adanya korban jiwa akibat erupsi Sinabung Alexius Purba mengatakan, 15 orang korban tewas itu melewati zona merah (daerah tidak aman). Terbukti semua korban berasal  dari masyarakat luar yang ingin melihat secara dekat gunung merapi tanpa mengindahkan zona merah yang sudah dilarang.

    “Sebab tidak semua orang tahu tentang zona merah termasuk orang luar yang datang ke lokasi, terbukti semuanya korban berasal dari luar daerah ada korban dari  wartawan, semua masyarakat luar daerah. Mereka menerobos daerah tidak aman, akhirnya terjebak dan meninggal di tempat,” ujarnya.

    Atas terjadinya korban jiwa itu Dinkesos Provsu juga telah memberikan santunan kepada pihak keluarga dari 15 korban yang meninggal yang jumlahnya per orang Rp 11 juta termasuk dari kabupaten/kota.

    Menurut Alexius, hingga saat ini jumlah pengungsi terus bertambah meski Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menunjukkan tanda-tanda penurunan aktivitas. Hingga 3 Februari, BNPB mendata jumlah pengungsi sebanyak 30.117 jiwa lebih atau 9.338 kepala keluarga (KK) dan diperkirakan akan terus bertambah.

    Dijelaskannnya, pertambahan jumlah pengungsi karena jarak tak aman mencapai radius lebih 7 Km dari Sinabung. Sampai saat ini jumlah pengungsi berasal dari 34 desa dan akan terus bertambah akibat awan panas terus menerus terjadi.

    Ditambahkan Purba, akibat erupsi Gunung Sinabung yang terus bergejolak Kementerian Sosial (Kemensos) juga telah mengirimkan logistik senilai Rp2,6 miliar untuk pengungsi erupsi Gunung Sinabung, menyusul diperpanjangnya masa tanggap darurat.

    “Pemerintah pusat hingga kini juga akan terus mendukung Pemprovsu dalam penanganan pengungsi Sinabung baik dalam hal logistik dan kesiap-siagaan. Aktivitas Gunung Sinabung hingga saat ini masih tinggi dan berstatus level IV atau berstatus Awas dengan radius 7 Km  untuk di sisi tenggara jalur awan panas,” pungkasnya. (A18/x)



    T#gs
    Komentar
    Komentar
    Silakan Login untuk memberikan komentar.
    FB Comments