Selasa, 07 Apr 2020

    Peringatan Hardiknas 2014 di Sumut

    Dengan Kurikulum 2013 Diharapkan Sumut Bisa Tingkatkan Daya Saing

    Sabtu, 03 Mei 2014 12:21 WIB
    SIB/ist
    Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi didampingi Wagubsu HT Erry Nuradi berdialog dengan sejumlah siswa usai menjadi pembina upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2014 Tingkat Sumut di halaman Kantor Gubsu, Jumat (2/5).
    Medan (SIB)- Gubsu  H GatotPujoNugroho ST MSi yakin dan percaya materi kurikulum 2013 yang akan segera diterapkan di daerah ini, akan memuat sejumlah kearifan lokal. Keyakinan orang nomor satu Sumut ini diungkapkan ketika menjadi Pembina Upacara pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2014 tingkat Provinsi Sumatera Utara di halaman upacara Kantor Gubernur Sumut Jl Pangeran Diponegoro Medan, Jumat (02/05).

    “Dalam peringatan Hardiknas tahun ini yang bertemakan pendidikan untuk peradaban Indonesia yang unggul, salah satu kunci suksesnya adalah memberhasilkan kurikulum 2013 yang didalamnya memuat sejumlah kearifan lokal,” kata Gubsu, usai memimpin upacara yang turut dihadiri Wakil Gubernur Ir HT Erry Nuradi, MSi, Sekda Provsu Nurdin Lubis, Kepala Dinas Pendidikan Sumut Muhammad Zein, sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemprovsu, serta ratusan pelajar dari berbagai sekolah di sekitar Kota Medan.

    Di kesempatan itu Gubsu menjelaskan bahwa kurikulum 2013 memang harus diberhasilkan oleh semua lingkup pemerintahan, baik dari tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten dan kota. Kerena kurikulum ini bertujuan untuk menciptakan generasi emas Indonesia yang berfikir kreatif, dan inovatif pada tahun 2045.

    Selain itu, lanjut Gubsu, dengan kurikulum 2013, maka Indonesia umumnya dan Sumut khususnya bisa lebih meningkatkan daya sainginya, baik di kancah regional, nasional, maupun global.

    “Dalam kurikulum 2013 ini, kita sudah menyiapkan dinas pendidikan Sumut dengan menerbitkan sejumlah buku yang memuat berbagai hal tentang keunikan lokal daerah Sumatera Utara. Dan dengan skema ini, maka upaya Sumut untuk meningkatkan daya sainginya bisa lebih cepat berhasil,” urai Gubsu.

    Pendidikan Adalah Investasi

    Usai menjadi Pembina Upacara pada Hardiknas tahun 2014 tingkat Provinsi Sumut, Gubsu, Wakil Gubsu, dan bersama  sejumlah unsurForum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), para pejabat di lingkungan Pemprov Sumut melakukan Sarasehan dengan ratusan pelajar di Aula Martabe Kantor Gubsu.

    Dalam acara itu, Gubsu menekankan kepada para pelajar untuk tidak ragu melakukan investasi di bidang pendidikan, yakni dengan cara membelanjakan uang untuk membeli buku dan teknologi.

    “Pendidikan adalah investasi, karena ditujukan untuk meraih sukses di masa depan. Kalau investasi uang Rp1 juta, maka 10 tahun kedepan uang itu akan berkurang nilainya. Tapi,  kalau uang itu dibelanjakan untuk ilmu atau membeli buku, maka manfaatnya akan lebih bernilai dari pada uang. Jadi, uang Rp1 juta itu kalau diinvestasikan untuk ilmu akan jauh lebih bermafaat,” uraiGubsu.

    Gubsu juga menerangkan bahwa saat ini Pemprov Sumut telah melakukan investasi di bidang pendidikan, yakni dengan mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 1).

    “Alhamdulillah, tahun ini siswa SMKN 1 Provsu yang telah lulus langsung diterima di Auto 2000. Dan ini membuktikan bahwa  para pelajar merupakan aset yang sangat berharga sehingga kalian harus menjadi motivasi bagi keluarga, bangsa dan negara,” imbuh Gubsu.

    Di kesempatan itu, Gubsu juga memotivasi para pelajar  yang hadir untuk tidak takut bermimpi menjadi orang sukses di masadepan. “Kalau saat ini kalian belum punya mimpi, maka bermimpilah untuk menjadi orang sukses, dan mudah-mudahan 30 tahun kedepan salah satu di antara kalian akan menjadi gubernur di Sumatera Utara,"ujarnya.

    MEMANUSIAKAN MANUSIA

    Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kota Medan yang dihadiri ribuan peserta dari berbagai barisan upacara di Lapangan Merdeka Jalan Pulau Pinang Medan Kota berlangsung sukses dan meriah, Jumat (2/5).

    Acara tersebut dihadiri secara simbolis Plt Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi, Sekda Kota Medan Ir H Sayaiful Bahri MM, Kadisdik Kota Medan Drs H Marasutan Siregar MPd, Sekretaris Disdik Kota Medan Drs Ramlan Tarigan, para SKPD se-jajaran Pemko Medan, Kepsek se-Kota Medan dan undangan lainnya.

    Sambutan Mendiknas dibacakan Plt Wali Kota Medan HT Dzulmi Eldin mengatakan, sesuai tema: "Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul", dimana pendidikan bukan hanya untuk menyelesaikan atau menjawab berbagai persoalan yang sifatnya sangat teknis dan bersifat kekinian semata, melainkan pendidikan pada hakikatnya adalah upaya memanusiakan manusia untuk membangun peradaban yang unggul.

    Dikatakan, dalam dunia pendidikan ada 2 hal sangat mendasar, di antaranya terkait dengan akses untuk mendapatkan layanan pendidikan, dimana akses dimaksud dipengaruhi ketersediaan dan keterjangkauan. Beberapa kebijakan dan program, seperti BOS untuk pendidikan dasar dan menengah, Bantuan Siswa Miskin, Bidikmisi, pengiriman guru untuk daerah terpencil, terdepan dan tertinggal melalui SM3T, bantuan operasional untuk perguruan tinggi (PT), pendirian perguruan tinggi negeri baru dan sekolah berasrama merupakan sebagian dari upaya meningkatkan akses secara inklusif dan berkeadilan.

    Selanjutnya terkait dengan kualitas sangat dipengaruhi 3 hal, yakni ketersediaan dan kualitas guru, kurikulum dan sarana prasarana. Beberapa kebijakan dan program telah ditetapkan, antara lain pendidikan dan pelatihan guru berkelanjutan, penerapan Kurikulum 2013 dan rehabilitasi sekolah rusak, baik rusak berat, sedang maupun ringan.

    Mendiknas mengajak para guru dan pemangku kepentingan lainnya bersama-sama menyukseskan implementasi Kurikulum 2013."Insyah Allah, melalui Kurikulum 2013 anak didik akan memiliki kompetensi secara utuh mencakupi sikap, pengetahuan dan ketrampilan," tegasnya.

    Pada acara itu, Plt Wali Kota HT Dzulmi Eldin S menyerahkan secara simbolis piagam penghargaan kepada 8 sekolah mewakili 29 sekolah atas partisipasinya mengisi tampilan seni/budaya di Paviliun Pemko Medan selama kegiatan PRSU ke-43, yakni : SDS Muhammadiyah Medan, SDN 060843 Medan.  SMPN 1 Medan, SMPS Kartika I-2 Medan,SMAN 2 Medan, SMAN 5 Medan, SMKS Raksana Medan dan SMKS Taman Siswa Medan. (A16/A8/c)


    Simak berita selengkapnya di Harian Umum Sinar Indonesia Baru (SIB) edisi 3 Mei 2014. Atau akses melalui http://epaper.hariansib.co/ yang di up-date setiap pukul 13.00 WIB.

    T#gs
    Komentar
    Komentar
    Silakan Login untuk memberikan komentar.
    FB Comments