Selasa, 12 Nov 2019

    BkkbN Sumut Serahkan Bantuan Ke Pengungsi Sinabung

    * Ketua Komisi E DPRDSU Minta Pemda dan Pemerintah Pusat Cari Lahan 10 Ribu Hektar
    Senin, 13 Januari 2014 16:35 WIB
    SIB/antara
    RUMAH RUBUH : Warga melihat kondisi rumah yang rubuh akibat dampak abu vulkanik erupsi Gunung Sinabung di Desa Sigarang Garang, Karo, Sumut, Sabtu (11/1). Akibat letusan Sinabung pada Jumat (10/1), membuat lima desa di sekitar Gunung Sinabung diselimuti
    Medan (SIB)- Sekretaris Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BkkbN) Sumut Datang Sembiring bersama Ketua Komisi E DPRD Sumut Brilian Moktar SE MM menyerahkan bantuan kepada pengungsi Gunung Sinabung di Desa Sempajaya Berastagi, Jumat (10/1) sore. Bantuan tersebut berupa beras, ikan kaleng, vitamin dan lainnya.

    Datang Sembiring mengatakan, BkkbN Sumut sudah dua kali memberikan bantuan kepada para pengungsi sejak terjadinya erupsi 2013. Pengungsi di Desa Sempajaya ini adalah penduduk Desa Naman yang berada lima kilometer dari kaki gunung. "Desa itu merupakan asal usul orangtua saya, dan seluruh pengungsi di sini adalah keluarga. Jadi saya merasa segan kalau ke-kampung tidak memberikan sesuatu," katanya.

    Untuk itu, dia bersama Kasi Advokasi dan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Anthony mengajak mitra BkkbN Sumut untuk membantu para pengungsi. "Kami berusaha mengumpulkan bantuan semampu kami. Ini adalah bantuan kedua," ujarnya.

    Selain itu, pihaknya juga tetap mensosialisasikan keluarga berencana melalui payung-payung yang menuliskan dua anak cukup. "Namanya BkkbN, kemana pun kami tidak boleh lupa mensosialisasikan program kami. Jangan karena sedang berduka, program berencananya lupa. Harapan kita dengan bantuan makanan dan payung BkkbN bisa mengingatkan kembali keluarga berencana untuk keluarga yang sejahtera," jelasnya.

    Sementara itu, Ketua Komisi E DPRD Sumut dari Fraksi PDIP Brilian Moktar SE MM mengapresiasi pemberian bantuan dari BkkbN Sumut ini.

    Brilian mengingatkan masyarakat Karo untuk tidak lupa ber-KB, karena negara kita sudah cukup berat mendanai masyarakat yang sudah cukup banyak. "Meskipun situasi begini harus tetap ingat ber KB, karena negara kita ini sudah cukup berat mendanai rakyat yang sudah hampir 240 juta jiwa," kata Brilian yang juga Caleg DPRD Sumut Dapil Sumut I.

    Bendahara Fraksi PDIP DPRD Sumut ini juga meminta Pemda dan Pemerintah Pusat untuk mencari lahan 10 ribu hektar agar 5 ribu KK yang jaraknya tinggal hanya 5 km dari Gunung Sinabung direlokasi di suatu tempat lebih layak. "Saya yakin ada belasan triliun anggaran bencana alam pusat yang bisa kita gunakan untuk bangun 5 ribu rumah sederhana. Dan sisa lahan 8 ribu hektar lagi, dibagi satu keluarga satu hektar mereka kembali bertani. Jika tidak, mereka akan sedih ketika melihat tanaman mereka rusak. Itu sudah habis kan uang dan kesedihan yang tidak ada nilainya," ujarnya.

    Sementara itu, Kepala Desa Sempajaya Bantu Purba mengucapkan terimakasih kepada BkkbN Sumut yang memberi perhatian kepada para pengungsi. "Pengungsi di sini ada sekitar 485 KK yang berasal dari Desa Naman Kecamatan Namanteran," katanya. Hadir juga pengurus PDIP Sumut saat memberikan bantuan. (Dik2/f)
    T#gs
    Komentar
    Komentar
    Silakan Login untuk memberikan komentar.
    FB Comments