Jumat, 05 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran

Warga Masih Buang Sampah Sembarangan, DLH Labuhanbatu Kutip Sampah Berserakan di Jalan

redaksi Senin, 02 Desember 2019 19:46 WIB
kompasiana.com
Ilustrasi buang sampah sembarangan
Rantauprapat (SIB)
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Labuhanbatu sedang gencar-gencarnya mengangkut sampah. Meski demikian, warga masih saja membuang sampah sembarangan. Petugas kebersihan yang menggunakan becak motor pun ditugasi menyasar sampah-sampah yang dibuang warga sembarangan dan berserakan di pinggir jalan.

"Mulai hari ini, Sabtu 30 November 2019, kita arahkan dan bimbing pasukan kendaraan roda tiga (Betor) pengangkut sampah rumah tangga dan sampah sejenis, untuk tidak segan-segan dan jangan mikir panjang jika melihat sampah berserakan di pinggir jalan dan atau di sekitar Damija (Daerah Milik Jalan) di seputaran kota Rantauprapat," sebut Kadis Lingkungan Hidup melalui Kabid Persampahan dan Limbah Beracun dan Limbah Berbahaya, Supardi Sitohang kepada wartawan, Sabtu (30/11).
Menurut Supardi, sampah-sampah itu dibuang warga dengan sembarangan. Ada yang sengaja membuangnya sambil lewat, sehingga sampah berceceran di jalan dan di pinggir jalan.

"Sampah-sampah itu kita diambil dan kita angkat ke tempat penampungan akhir (TPA) sampah dan atau ke pusat daur ulang (PDU) sampah yang sudah ada," ujarnya.

Petugas kebersihan juga melakukan giat keliling, lihat ambil dan angkut sampah. Sabtu pagi, pembersihan dilakukan di Jalan Patuan Nalobi (eks Jalan Karya) dan Jalan Aektapa Kelurahan Bakaranbatu Kecamatan Rantau Selatan.
"Merubah pola dan manajemen pengelolaan sampah di Kabupaten Labuhanbatu kita lakukan secara sederhana dan dilaksanakan secara perlahan dengan pendekatan humanis," ujar mantan Kabag Humas Pemkab Labuhanbatu itu.
"Jika kita lari kencang, masih banyak hal-hal yang perlu dibenahi dengan penuh kehati-hatian dan pertimbangan sosial. Jika sudah beres baru tancap gas," sebutnya.

Dia menyampaikan terima kasih buat rekan-rekan kerjanya di lapangan yang sudah melaksanakan arahan dan bimbingan: lihat sampah, ambil dan angkut ke lokasi pembuangan akhir.
Ia juga menghimbau masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. "Janganlah membuang sampah dengan sembarangan, apalagi saat berkendara," pintanya berharap. (BR6/q)
T#gs
LebaranDPRDTebing
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments