Selasa, 07 Apr 2020

Warga Berharap Pemkab Labusel Bangun Jembatan Dusun Ujung Padang yang Runtuh

Kamis, 27 Februari 2020 21:12 WIB
kalteng.antaranews.com

Ilustrasi

Silangkitang (SIB)
Warga Kecamatan Silangkitang mengharapkan Pemkab Labuhanbatu Selatan (Labusel) segera membangun jembatan permanen di Jalan Besar Ujung Padang-Ulumahuam, Desa Ulumahuam, Kecamatan Silangkitang, Kabupaten Labusel yang runtuh setahun silam.

Pasalnya, jembatan darurat yang dibangun Pemkab melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Labusel di lokasi itu juga telah runtuh, akibat dilintasi truk pengangkut batu beberapa waktu lalu. Akibatnya, kini ruas jalan itu tidak dapat lagi dilalui kendaraan roda empat.

"Jembatan darurat yang dibangun sudah runtuh. Sekarang jembatan itu hanya dapat dilalui sepeda motor saja," kata Suhendro (32) warga setempat kepada SIB, Rabu (26/2).

Dikatakan, akibat belum dibangunnya jembatan permanen dan tembok penahan menyebabkan badan jalan longsor sepanjang hampir 30 meter dengan lebar 4 meter. Tidak hanya itu, longsor juga mengancam sejumlah rumah warga di pinggir jalan tersebut.

"Longsorannya semakin luas dan mengancam posisi rumah warga, karena tanahnya tergerus, setiap kali turun hujan deras," katanya.
Kepala Pelaksana BPBD Pemkab Labusel, Khairil Harahap yang dikonfirmasi mengatakan, untuk solusi tanggap darurat beberapa waktu lalu sudah dibangun jembatan darurat di lokasi itu, sehingga akses masyarakat tetap lancar. Namun kata dia, beberapa bulan lalu jembatan itu runtuh, karena dilintasi truk bermuatan berat.

"Tapi jembatan itu masih dapat dilintasi kendaraan, meskipun hanya roda dua. Untuk mobil terpaksa dari jalur alternatif untuk sementara," katanya.

Meski demi kian lanjut dia, pada tahun ini direncanakan akan dibangun jembatan permanen di lokasi tersebut. Menurutnya, secara teknis pembangunan jembatan itu akan dilaksanakan oleh Dinas PUPR Pemkab Labusel. (L06/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments