Sabtu, 08 Agu 2020

Viral, Keluarga Pemulung Tunanetra Depresi di Perumnas Mandala Medan

redaksisib Sabtu, 04 Juli 2020 11:45 WIB
Dok/MedDelegasi

VIRAL: Pengurus DPP Punguan Pomparan Raja Turnip Boru-Bere Indonesia (PPRTBI) dan Sumut bertemu membahas video viral sehubungan kehidupan miris keluarga keluarga pemulung tunanetra yang depresi di Perumnas Mandala Medan terlihat Sekjen DPP PPRTBI Arjon Turnip PhD, Wakil Ketua DPW PPRTBI Sumut Ir Mandalasah Turnip SH. 

Medan (SIB)
Video pemulung dengan anak tunanetra dan anggota keluarga depresi viral di dunia maya. Tayangan berdurasi 5 menit 16 detik itu menampilkan sosok nenek menyebut dirinya boru Nainggolan dan suaminya bermarga Turnip, yang hidup dalam kemiskinan dan berharap bantuan.

Atas kondisi dimaksud, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Punguan Pomparan Raja Turnip Boru-Bere Indonesia (PPRTBI) mengingatkan keluarga dimaksud agar santun dalam bersosial media dan tidak mengekploitisi kemiskinan untuk mengambil simpati. “Postingan itu tak etis, melunturkan semangat gotong-royong PPRTBI. Apalagi di ujung video ada mencantumkan nomor rekening yang bukan milik atau atas nama keluarga miskin tersebut,” tegas Sekjen DPP PPRTBI Arjon Turnip PhD.

Terpisah, Kamis (2/7), Wakil Ketua DPW PPRTBI Sumut Ir Mandalasah Turnip SH membenarkan sebagian isi video miris itu dan diinstruksikan DPP PPRTBI untuk mengedukasi. “Tidak boleh sembarangan, apalagi memakai-makai label Turnip,” kata pekerja sosial itu di MedDelegasi Jalan Santun Medan. “DPP PPRTBI merasa malu karena video itu seolah Turnip tidak peduli pada nasib keluarganya. Apalagi sudah dua kali keluarga besar Turnip memberi bantuan yaitu awal sebelum rumah dibangun maupun pada saat pembangunan.”

Mandalasah Turnip memastikan, PPRTBI Sumut terus memerhatikan nasib keluarga besarnya termasuk yang viral seperti tersebut di atas. “Bahkan biaya perobatan juga sudah diberikan. Tetapi, PPRTBI tidak juga sembarang memberi bantuan karena ada syarat yang harus dipenuhi termasuk survei langsung,” tambahnya.

Ia mengurai, sejak dibentuk dua tahunan lalu, PRTBI melakukan ragam program sosial budaya dalam maksud menyatukan keturuan Turnip. “Terus terang, kasus di Mandala itu membuat kami miris tapi setelah diteliti, tak elok. Meski demikian PRTBI terus menjalankan rancangan program,” tambahnya.

Khusus mengenai PRTBI, keluarga besar Turnip dan boru khususnya Turnip mengadakan kunjungan sejarah ke asal-muasal Turnip di Samosir pada Sabtu - Rabu, (18 - 21). “Ke depan, PRTBI mengajak seluruh keluarga besarnya untuk melakukan hal serupa untuk mengeratkan silaturahim, termasuk menggadakan iven tahunan seperti Natal bersama dan Pesta Bona Taon” jelas Mandalashah Turnip.

Ia menjelaskan, DPP PRTBI mengonsolidasikan organsasi di seluruh Tanah Air untuk maksud menghimpun potensi yang ada dalam maksud ikut membangun bangsa. (R10/PN)
T#gs Keluarga PemulungMedanPerumnas MandalaTunanetraViral
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments