Senin, 21 Okt 2019

Perayaan HUT ke-74 RI di Tebingtinggi, Batubara, Tanjungbalai dan Rantauprapat

Umar: Perjuangan Mengisi Kemerdekaan Masih Panjang dan Tidak Pernah Berhenti

admin Senin, 19 Agustus 2019 13:52 WIB
SIB/Humala Siagian
SERAHKAN: Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan menyerahkan bendera kepada petugas pengibar bendera merah putih saat peringatan HUT ke-74 RI, Sabtu (17/8).
Tebingtinggi (SIB) -Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Kota Tebingtinggi diwarnai dengan pertemuan ramah antara Pemerintah Kota Tebingtinggi dengan para pejuang Legiun Veteran dan DHD 45 di rumah dinas Wali Kota sekaligus pemberian bingkisan kepada para veteran, Sabtu (17/8).

Peringatan detik-detik Proklamasi di Kota Lemang itu diikuti seluruh instansi yang ada. Bertindak sebagai inspektur Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan dan Pembacaan Teks Proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi M. Hazly Azhari Hasibuan.

Hadir FKPD, Wakil Wali Kota H.Oki Doni Siregar, Dandim 0204-DS diwakili Perwira Penghubung Mayor Inf.Robert Sinaga, Danyon B Brimobdasu AKBP.Arke.F.Ambat dengan peserta upacara dari TNI, Polri, ASN, Ormas Pemuda dan Pelajar Se-Kota Tebingtinggi.

Usai upacara pengibaran bendera di lapangan dilanjutkan dengan pelepasan Pawai peserta upacara dengan pembina upacara Kepala Kejaksaan Negeri Tebingtinggi M Novel sekaligus melepas pawai dari tribun kehormatan di depan rumas Dinas Wali Kota Jalan Dr Sutomo.


Dalam kesempatan tersebut, Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan ucapan terima kasih atas jasa-jasa para pejuang kemerdekaan RI yang sudah mewariskan semangat kebangsaan yang begitu tinggi dan hebat kepada generasi penerus.

Diapun menyampaikan bahwa perjuangan masih panjang dan tidak akan pernah berhenti untuk membangun bangsa ini, terutama dalam menghadapi tantangan yang semakin ketat dengan meningkatkan SDM dan untuk memanfaatkan IT yang terus berkembang maju.

"Dengan semangat persatuan dan kesatuan yang diwariskan pejuang didukung SDM yang unggul, ke depan Bangsa Indonesia akan semakin maju dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia," ujar Umar.

Sebelum upacara di lapangan, pada Jumat malam pukul 23.30 WIB dilakukan apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Bahagia Tebingtinggi dengan Irup Kapolres AKBP Sunadi.

Bagikan Sertifikat Tanah Wakaf
Sementara Pemkab Batubara menggelar upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI di lapangan sepak bola Limapuluh. Bupati setempat H Zahir menjadi pembina upacara.

Hadir Wakil Bupati Okq Iqbal Prima, Ketua DPRD Selamat Arifin, Kapolres AKBP Robin Simatupang, Plh Kajari, mewakili Dandim 0208 Asahan dan Danlanal TBA, Sekda Sakti Alam Siregar sejumlah anggota DPRD, para OPD, Ormas dan pelajar.

Usai upacara, Zahir membagikan sertifikat tanah wakaf secara simbolis. Menurutnya, program itu sudah lama dicanangkan.
"Ini sudah lama kita canangkan. Seluruh tanah wakaf di Batubara nantinya akan disertifikatkan. Kita sudah buat MoU antara pemkab, BPN dan Kemenag," ungkap Bupati kepada wartawan.

Selain itu, Zahir juga memberikan penghargaan untuk rumah ibadah yang bersih dan rapi. Rumah ibadah itu meliputi mesjid, gereja dan kuil. "Pemerintah harus hadir untuk menjamin keberadaan tanah wakaf dan rumah ibadah," pungkasnya.
Wali Kota Tanjungbalai Inspektur Upacara

Sedangkan Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah kota itu.

Ribuan masyarakat Kota Tanjungbalai, memadati lapangan tempat upacara peringatan dirgahayu kemerdekaan yang mengusung tema "SDM Unggul Indonesia Maju". Sementara Komandan Upacara dipimpin Wadanki Brimob Subden 3/B, Iptu Pandu Winata Batubara, Komandan Paskibra, Ipda Fauzi Guntara.

Turut hadir Wakil Wali Kota Tanjungbalai Drs Ismail, Ketua DPRD Maralelo Siregar, Dandim 0208/As Letkol Inf Sri Marantika Beruh, Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Ropitno MTr (Hanla), Kajari Tanjungbalai Asahan Anak Agung Gede Satya Marakandeya, Ketua Pengadilan Agama Edy Harpony, Kepala BNNK Tanjungbalai AKBP Eddy Mashuri Nasution, Kepala Pengadilan Negeri Vera Yetti Magdalena.

Pada peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI ini, anggota paskibra yang dipercaya membawa baki bendera merah putih, Dini Alisya siswi MAS YMPI. Pengibar bendera, yakni M Hanafi (siswa SMAN7, Arif Rahman (MAN) dan Amrozi Sinaga (MAS YMPI).

Pada kesempatan itu, Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial menyerahkan penghargaan kepada anggota Polri yang telah berjasa menggagalkan penyelundupan narkoba.

Untuk memeriahkan peringatan Dirgahayu ke-74 Kemerdekaan RI ini, sejumlah pelajar dari berbagai sekolah menampilkan drum band, seni angklung didikan TP-PKK Kota Tanjungbalai.

Ribuan Warga Turun ke Jalan
Upacara nasional Detik-detik Proklamasi tingkat Kabupaten Labuhanbatu yang dipusatkan di lapangan Ikabina Rantauprapat berjalan lancar. Pasukan pengibar bendera (Paskibra) juga sukses menaikkan dan mengibarkan bendera merah putih ke tiang bendera hingga berkibar di langit biru cuaca cerah dan panas terik menyengat.

Plt Bupati Andi Suhaimi Dalimunte bertindak sebagai inspektur upacara, sedangkan komandan upacara Lettu Cpl Lindon Simanjuntak, Danunit Intel Kodim 0209/LB. Upacara ini diikuti Ketua DPRD Dahlan Bukhari, Wakil Ketua DPRD Hj Meika Riyanti Siregar, Kasdim 0209/LB Mayor Inf Ertiko, Wakapolres Kompol Rochmat, Naharuddin mewakili Kajari dan lainnya unsur pimpinan daerah, para kepala organisasi perangkat daerah (OPD), para pejabat eselon III, camat, lurah, polisi, tentara, ASN, KNPI, OKP, KONI, Pramuka, pelajar SLTA, SLTP dan SD/MI serta masyarakat.

Pada upacara, Ketua DPRD membacakan Praklamasi dan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh ASN. Setelah itu, Paskibra bergerak, berbaris dan membentuk formasi mengambil benderah merah putih yang akan dikibarkan. Paskibra ini sukses menaikkan dan mengibarkan bendera. Sang merah putih pun berkibar di langi biru yang cerah siang itu.

Irup Plt Bupati Andi Suhaimi saat menyampaikan amanatnya menyebut, perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini bertema: SDM Unggul Indonesia Maju, dapat diwujudkan dengan bekerja bersungguh-sungguh dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

"Dalam peringatan HUT Kemerdekaan ini, Pemkab Labuhanbatu akan meningkatkan SDM dan kualitas pembangunan infrastruktur," sebut Andi.
Setiap organisasi perangkat daerah dan instansi yang ada menampilkan mobil hias beragam corak. Dinas Perhubungan menampilkan maket pesawat boeing, Dispora menampilkan Burung Garuda, Badan Litbang menampilkan berbagai produk daerah hasil inovasi, Dinas Perpustakaan menampilkan buku-buku bacaan, Dinas Kependudukan dan Capil menampilkan dilokumen kependudukan dan akta catatan sipil, Disperindag menampilkan hasil industri dan perdagangan, Dinas Peternakan menampilkan berbagai ternak, RSUD menampilkan maket gedung C Irna, Satpol PP menampilkan kapal Satpol PP di perairan, Kodim 0209/LB tampilkan tank perang dan lainnya sesuai bidang serta urusan masing-masing.

Begitu defile ini dilepas Andi Suhaimi, ribuan warga semakin merapatkan barisan di badan jalan mulai dari MH Thamrin hingga Sudirman ujung.

"Ramai memang, tapi masih lebih ramai 5 tahun lalu. Waktu itu lebih padat simpang enam ini. Apakah karena cuaca, ekonomi atau apa, nggak tahu kita," sebut Iwan, warga Rantau Utara.

Pada pukul 18:00 WIB, dilakukan upacara penurunan bendera oleh Paskibra. Andi juga bertindak sebagai Irup. Paskibra juga sukses menurunkan bendera, diikuti perserta upacara dan unsur pimpinan daerah. (BR3/AB/A08/BR6/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments