Minggu, 21 Jul 2019

Ubah Paradigma Berobat ke LN Pemkab Sergai akan Rehab Puskesmas

admin Jumat, 12 Juli 2019 15:45 WIB
SIB/dok
TINJAU : Wabup Sergai Darma Wijaya didampingi Kadinkes Bulan Simanungkalit saat meninjau lokasi Puskesmas Pangkalan Budiman yang akan direhab, Selasa (9/7) di Seirampah.
Sergai (SIB) -Guna menciptakan paradigma positif di bidang kesehatan masyarakat, Pemkab Serdangbedagai (Sergai) akan merehab Puskesmas Pangkalanbudiman. Demikian disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Sergai, Darma Wijaya saat meninjau lokasi perencanaan rehabilitasi Puskesmas Pangkalanbudiman, Selasa (9/7) di Seirampah.

Wabup yang akrab disapa Wiwik itu juga mengatakan, saat ini banyak masyarakat yang salah persepsi terhadap kualitas rumah sakit maupun Puskesmas di daerah. Menurutnya, kualitas rumah sakit ataupun Puskesmas di daerah tak kalah baiknya dengan yang ada di luar negeri.

Masyarakat juga tak jarang berprinsip, ketika memiliki uang berlebih maka memilih berobat ke luar negeri. Namun, ketika tidak memiliki biaya lagi, maka akan memilih berobat ke rumah sakit ataupun Puskesmas daerah.

"Jadi persepsi dan paradigma itulah yang harus dirubah. Sebab, (berdasarkan) pengalaman yang saya alami saat berobat ke Penang (Malaysia), ketika saya bandingkan dengan rumah sakit atau Puskesmas di sini, baik pelayanan maupun diagnosa hasilnya sama. Artinya, mutu tenaga kesehatan yang kita miliki sudah cukup baik, maksimal, prima dan tak kalah dengan rumah sakit di luar negeri," ujar Wabup Darma Wijaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sergai dr Bulan Simanungkalit MKes MM mengungkapkan, bahwa perehaban Puskesmas Pangkalanbudiman itu merupakan usulan dari tokoh masyarakat setempat supaya fasilitas kesehatan yang ada di daerah itu dapat lebih baik lagi.

Dijelaskan, biaya rehabilitasi Puskesmas itu nantinya akan ditampung di Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler yang bersumber dari APBN. Kemudian, proses pengerjaannya ditargetkan selesai pada Oktober mendatang. Karena di November mendatang, Puskesmas tersebut akan melewati tahap akreditasi.

Diharapkan, dengan direhabnya fasilitas kesehatan itu, masyarakat dapat memanfaatkan fungsi Puskesmas bukan hanya untuk masyarakat sakit, namun juga bagi masyarakat sehat. Selain itu, mengingat Puskesmas tersebut terletak di Jalinsum, tentunya akan disediakan fasilitas khusus bagi ibu hamil supaya dapat meminimalisir angka kematian bayi dan ibu melahirkan.

Menanggapi hal tersebut, tokoh masyarakat setempat Ustad Kisai Dalimunthe sangat mengapresiasi rencana rehabilitasi Puskesmas Pangkalanbudiman itu. Ia menilai, rehabilitasi fasilitas kesehatan itu merupakan bentuk kepedulian pemerintahan Ir H Soekirman dan H Darma Wijaya.

Dia juga meminta, kiranya Pemkab Sergai juga memerhatikan limbah pembuangan di Puskesmas Pangkalan Budiman supaya ke depan, tidak menimbulkan hal-hal negatif di tengah-tengah masyarakat. (T09/T06/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments