Rabu, 23 Sep 2020

    Tobasa Andalkan Lima Kecamatan Sentra Produksi Padi

    Selasa, 10 Juni 2014 11:03 WIB
    Balige (SIB)- Pemkab Toba Samosir (Tobasa) masih mengandalkan lima kecamatan sebagai sentra utama produksi padi guna memenuhi kebutuhan pangan bagi penduduk di daerah tersebut.

    “Lima daerah yang merupakan sentra produsen utama yang paling diandalkan itu, yakni Kecamatan Uluan, Tampahan, Balige, Laguboti dan Kecamatan Bonatualunasi,” kata Penyuluh Lapangan Dinas Pertanian Tobasa, Siahaan, di Balige, Senin (9/6).

    Disebutkannya, luas panen padi di daerah tersebut mencapai luas 22.237 hektare dengan produksi sebanyak 120.167 ton dan produktivitas sebanyak 58.60 kuintal per hektar.

    Memang, kata dia, dari sebanyak 16 Kecamatan yang ada, hampir semua menghasilkan padi. Meski mengandalkan lima kecamatan itu sebagai sentra produksi utama, sebanyak 11 kecamatan lainnya juga memiliki kontribusi besar dalam memenuhi target produksi padi di wilayah tersebut.

    Sebab, kata Siahaan menjelaskan, sebagian besar penduduk di Kabupaten yang terletak pada bagian tengah provinsi Sumatera Utara itu menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian.  Bahkan, salah satu pilar pembangunan di kabupaten itu, yakni terciptanya pertanian yang maju. Hal itu menunjukkan kemauan yang kuat dari pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

    Ia menambahkan sektor pertanian memberi kontribusi cukup besar dalam pembentukan PDRB Tobasa, yaitu sekitar 24,47 persen terhadap total PDRB.  “Pertanian menjadi sektor andalan bagi kabupaten Tobasa dalam menggerakkan perekonomian daerah,” kata Siahaan.

    Dapot Simanjuntak, petani dari Kecamatan Tampahan meminta agar Dinas Pertanian setempat dapat melakukan pengawasan distribusi pupuk yang lebih ketat, sehingga produksi padi mereka dapat dipertahankan.

    Selain itu, dia juga berharap pihak pemerintah dapat membantu petani dengan memberikan benih unggul, supaya produktivitas padi petani semakin meningkat.

    “Pemerintah daerah perlu mendukung petani dengan memberikan bantuan benih berkualitas dan penyediaan pestisida yang bagus serta pendistribusian pupuk yang cukup,” harapnya. (Ant/f)

    Simak berita lainnya di Harian Umum Sinar Indonesia Baru (SIB). Atau akses melalui http://epaper.hariansib.co/ yang di up-date setiap hari pukul 13.00 WIB.
    T#gs Tobasa
    Komentar
    Komentar
    Silakan Login untuk memberikan komentar.
    FB Comments