Jumat, 06 Des 2019

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPUD Pematangsiantar dan Simalungun Gelar Pemilu Run

admin Senin, 08 April 2019 14:59 WIB
SIB/Jheslin M Girsang
KOTAK SUARA: Bupati Simalungun JR Saragih (kanan) menyerahkan kotak suara Pemilu 2019 kepada Ketua KPUD Simalungun Raja Ahab Damanik pada acara Pemilu Run di lapangan Balai Karya Murni Perdagangan, Minggu (7/4).
Pematangsiantar (SIB) -Untuk meningkatkan partisipasi Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Pematangsiantar dan Simalungun menggelar Pemilu Run bersama masyarakat, Minggu (7/4).

Ketua KPUD Kota Pematangsiantar Daniel Manompang Dolok Sibarani mengatakan, tujuan dari pada kegiatan ini untuk meningkatkan partisipasi pemilik guna mensukseskan Pemilu serentak yang akan digelar 17 April 2019.

"Pemilu Run digelar serentak di seluruh Indonesia sebagai bentuk sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu yang akan digelar 17 April 2019," ujar Daniel.

Diterangkan Daniel, dalam kegiatan logistik Pemilu serentak 2019 sudah ada di KPUD Kota Pematangsiantar. "Para personil mulai dari tingkat kelurahan hingga kecamatan sampai petugas di TPS sudah siap melaksanakan tugasnya. Jadi tidak ada kerisauan untuk melaksanakan Pemilu," terangnya.

Ditegaskan, KPU akan bekerja melaksanakan Pemilu yang jujur dan berintegritas dalam hal pendistribusian logistik. Pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait dan tidak lupa mengajak masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan Pemilu 2019. Kegiatan itu bertema "Satu tujuan melangkah bersama".

Di penghujung acara ditandai penandatangan Nota Kesepakatan Bersama Pemilu Serentak Damai, yakni peserta Pemilu 2019, Ketua KPUD Wali kota. Wakapolres Pematangsiantar melepas peserta gerak jalan santai Pemilu Run.

Berkeliling Kota Perdagangan
Bupati Simalungun JR Saragih menyerahkan kotak suara Pemilu 2019 kepada Ketua KPUD Simalungun Raja Ahab Damanik pada acara Pemilu Run di lapangan Balai Karya Murni Perdagangan, Minggu (7/4).

Selanjutnya, kotak suara dibawa berkeliling mengitari Kota Sampan Tao tersebut yang juga diikuti JR Saragih dengan berjalan kaki. Tampak pula sejumlah kepala dinas, anggota DPRD, para komisioner KPUD Simalungun, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Relawan Demokrasi, pihak Bawaslu, pemilih pemula dan lain sebagainya. Atraksi itu cukup menyita perhatian masyarakat.

JR Saragih mengapresiasi KPUD Simalungun yang menggelar Pemilu Run. Seluruh masyarakat diharapkan menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 mendatang.

Bupati juga mengajak KPUD Simalungun untuk bekerjasama dengan aparatur pemerintahan termasuk jajaran pangulu (kepala desa) untuk memaksimalkan sosialisasi Pemilu ke tengah masyarakat.

Sementara itu, Ketua KPU Raja Ahab Damanik mengatakan, kegiatan Pemilu Run satu tujuan melangkah bersama Pemilu serentak tahun 2019 sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat dalam menyebarluaskan tahapan dan jadwal Pemilu, memberikan pemahaman tentang pentingnya Pemilu dan meningkatkan partisipasi pemilih.

"Mari kita satu langkah menuju Indonesia yang lebih baik. Mari kita jaga kekondusifan," ujarnya.

"Terimakasih kepada bupati. KPUD Simalungun siap melaksanakan penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 secara jujur dan adil," sebut Raja Ahab. (D11/D05/D09/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments