Kamis, 21 Nov 2019

Tim Medco Foundation Berikan Trauma Healing Bagi Anak Korban Erupsi Sinabung

Selasa, 11 Februari 2014 14:11 WIB
SIB/Ist
Anak-anak korban erupsi Sinabung tampak bergembira saat mengikuti sesi games yang dibawakan oleh relawan Medco Foundation di Bukit Kubu,Berastagi, Minggu (9/2)
T Karo (SIB)- Tim Medco Foundation melakukan kegiatan penanganan anak-anak pasca trauma di pengungsian yang tersebar di Berastagi dan Kabanjahe selama tiga hari sejak Jumat (7/2) lalu.

Dalam kegiatan itu, anak-anak di pengungsian diajak melakukan permainan bersifat edukasi. Kegiatan di antaranya diisi dengan kampanye hidup sehat untuk anak-anak, tidak membuang sampah sembarangan, mencuci tangan dengan sabun, buang air di toilet (toilet training).

Memberi pengertian akan pentingnya penggunaan masker dan tata cara mencuci mata yang iritasi. Kegiatan dilengkapi dengan media grafis yang mudah dipahami anak.

Kegiatan yang setiap harinya diikuti oleh ratusan anak di pengungsian korban erupsi Gunung Sinabung ini juga diisi untuk mengasah potensi intelektual anak-anak di pengungsian.

Kegiatan tersebut di antaranya lomba mewarnai, bercerita mengangkat tema kearifan lokal, bernyanyi dengan bahasa Karo dan menari adat dan budaya Karo.

Rangkaian kegiatan puncaknya digelar pada Minggu (9/2) di Bukit Kubu, Brastagi. Kegiatan dihadiri 200 anak yang menjadi perwakilan dari sepuluh pengungsian di sekitar Berastagi dan Kabanjahe. Kegiatan relawan Medco Foundation di Kabupaten Karo mengambil tema “Do’a dan Harapan Anak Sinabung”.

Kegiatan diisi dengan beragam permainan edukatif, bernyanyi, dan berlomba. Di akhir kegiatan 200 anak melepas ratusan balon ke udara. Balon tersebut sebelumnya ditempeli selembar kertas yang berisi do’a dan harapan agar musibah yang sedang mereka alami segera berakhir.

Salah satu anak dari perwakilan pengungsi, bernama Angel membacakan do’a dan harapannya dalam kegiatan ini. (Rel/A21/x)


T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments