Kamis, 17 Okt 2019

Tim Akreditasi FKTP RI Nilai Puskesmas Kampung Baru Tanjungbalai Utara

Admin Senin, 10 Desember 2018 19:09 WIB
Tanjungbalai (SIB)  -Tim Surveyor akreditasi FKTP Kementerian Kesehatan RI yang dipimpin Handipinta SKM didampingi Dr Rio Akhdanelly MKes dan Dr Raden Debby Yelastari, melakukan penilaian di Puskesmas Kampung Baru, Kelurahan TB Kota III, Kecamatan Tanjungbalai Utara, Kota Tanjungbalai, Kamis (6/12). Kunjungan tim itu diterima oleh Asisten Ekbangsos Drs H Abdul Hayyi Nasution didampingi Kadis Kesehatan Burhanuddin Harahap SKM.

Ketua Tim Akreditasi Handipinta menyatakan bahwa tugas tim adalah melihat langsung keadaan Puskesmas secara nyata. Menurutnya, ada tiga hal yang disurvei yaitu administrasi dan manajemen Puskesmas, upaya kesehatan masyarakat perorangan dan lintas sektoral dalam upaya peningkatan mutu kesehatan serta pelayanan.

"Akreditasi ini dalam upaya menuju pelayanan berkualitas, perlindungan kepada pasien, payung hukum kepada petugas yang memberikan pelayanan, karena telah bekerja sesuai standar operasional. Diharapkan tidak akan terjadi malpraktik dan tujuan utama akreditasi ini agar masyarakat bisa menikmati pelayanan kesehatan dengan prima serta petugas kesehatan bisa menjalankan tugasnya dengan payung hukum sesuai SOP," ujarnya.

Sementara itu, Asisten Ekbangsos Drs H Abdul Hayyi, berharap Puskesmas Kampung Baru nantinya bisa terakreditasi, mengingat tahun ini ada empat Puskesmas yang akan diverifikasi yakni Puskesmas Datuk Bandar, Semulajadi, Kampung Baru dan Puskesmas Kampung Persatuan.

"Kita berharap agar Komisi Akreditasi FKTP Kementerian Kesehatan RI hendaknya bisa memberikan penilaian yang terbaik kepada Puskesmas yang akan dikunjungi dan jika masih ada kekurangan sebaiknya diutarakan agar pemerintah bisa berbenah untuk melakukan perbaikan," ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjungbalai Burhanuddin Harahap juga mengatakan, tujuan akreditasi Puskesmas adalah untuk meningkatkan mutu layanan, memacu Puskesmas untuk memenuhi standar yang ditetapkan.

"Pemberian pelayanan publik oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat merupakan implikasi dari fungsi sebagai pelayan masyarakat. Kedudukan aparatur pemerintah dalam pelayanan umum (public services) sangat strategis karena akan menentukan sejauh mana pemerintah mampu memberikan pelayanan sebaik-baiknya bagi masyarakat," pungkas Burhanuddin. (E09/BR05/f)
Editor: Admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments