Minggu, 20 Okt 2019

Terkait Relokasi Pedagang Pasar Inpres, Pengurus KPPI Mengadu ke Anggota DPRD

* Tidak Ada Relokasi Sebelum Rapat Bersama
admin Kamis, 10 Oktober 2019 20:48 WIB
SIB/Bonny Sembiring
TOLAK RELOKASI : Ketua KPPI Umar Manurung menyampaikan aspirasi terkait penolakan rencana relokasi pedagang Pasar Inpres ke Pasar Induk Jalan AMD, Kecamatan Padang Hulu kepada anggota DPRD Ogamota Hulu, Rabu (9/10), di Kantor DPC Hanura Tebingtinggi.
Tebingtinggi (SIB) -Terkait relokasi para pedagang ke Pasar Induk Jalan AMD, Kecamatan Padang Hulu, sejumlah pengurus Kelompok Pedagang Pasar Inpres (KPPI) mengadu kepada anggota DPRD, Ogamota Hulu di Kantor DPC Hanura Tebingtinggi Jalan DR Kumpulan Pane, Kecamatan Bajenis, Rabu (9/10).

"Kami datang bertatap muka dengan wakil rakyat, Ogamota Hulu semata-mata untuk mengadu, terkait rencana pemerintah merelokasi seluruh pedagang Pasar Inpres ke Pasar Induk. Kami menilai, jika hal tersebut terjadi, maka nasib ekonomi para pedagang nantinya akan memprihatinkan," ujar Ketua KPPI Umar Manurung didampingi Sekretaris Suharsiswo dan Bendahara Arif beserta pengurus lainnya ketika diwawancarai SIB usai pertemuan itu.

Lebih lanjut Umar menyatakan, sejak mencuatnya isu pemindahan pedagang menuju Pasar Induk, pihaknya mengaku secara tegas menolak hal tersebut. Pasalnya, proses perelokasian itu akan berdampak negatif bagi keberlangsungan mata pencaharian pedagang.

"Kami sudah puluhan tahun dan merasa nyaman berjualan di sini (Pasar Inpres) untuk mencari nafkah. Jadi, buat apalagi harus dipindahkan ke Pasar Induk yang letaknya dianggap kurang strategis dan jauh dari pemukiman warga.

Maka dari itu, kami secara tegas menolak pemindahan ke Pasar Induk. Namun, kami sepakat jika Pasar Inpres ini bisa direnovasi, sehingga mampu mendukung langkah pemerintah untuk membangun objek wisata air di sini," imbuhnya.

Umar juga berpendapat, apabila Pasar Inpres itu bisa direnovasi dengan baik, maka program Pemko Tebingtinggi yang berencana membangun wisata air di lokasi itu nantinya bakal berdampak positif bagi pembangunan Kota Lemang.

"Kami siap mendukung program Pemko yang akan membuat wisata air di area Pasar Inpres. Karena jika keberadaan Pasar Inpres telah direnovasi dan hidup berdampingan dengan wisata air, bukan tidak mungkin akan mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Artinya, sektor perdagangan dan pariwisata bisa berkolaborasi untuk itu," pungkasnya.

Menyahuti hal tersebut, Ogamota yang juga Ketua DPC Hanura Tebingtinggi menyampaikan terimakasih atas aspirasi, masukan maupun gagasan yang diberikan kepada pihaknya. "Saya, berjanji akan membawa aspirasi ini kepada seluruh anggota dewan dan meneruskannya ke Pemko Tebingtinggi," katanya.

Kepada unsur pengurus KPPI yang hadir, Ogamota pun menggaransikan tidak akan ada proses relokasi sebelum digelarnya rapat bersama antara Pedagang Pasar Inpres dengan Dinas Perdagangan yang difasilitasi oleh dewan.

"Permasalahan ini harus dimusyawarahkan melalui rapat bersama, sehingga mampu melahirkan keputusan/solusi yang diterima semua pihak. Pedagang dan OPD terkait akan kita undang untuk duduk bersama dalam waktu dekat," pungkasnya. (T01/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments