Selasa, 17 Sep 2019

Target Kunjungan Wisatawan ke Humbahas 200 Ribu Orang

admin Kamis, 12 September 2019 12:32 WIB
SIB/Dok
FOTO BERSAMA: Plt. Kadis Pariwisata Humbahas Resva Panjaitan mewakili Bupati Dosmar foto bersama panitia dan peserta Bimtek Destinasi Super Prioritas Danau Toba di Aula Hotel Martin Anugrah Doloksanggul, Rabu (11/9).
Humbahas (SIB) -Pada tahun 2018, Humbang Hasundutan (Humbahas) telah dikunjungi sebanyak 122.664 wisatawan. 64 orang di antaranya merupakan wisatawan mancanegara, dan sisanya merupakan wisatawan domestik. Sementara untuk tahun 2019 ditargetkan sebesar 200 ribu pengunjung atau naik sekitar 61,29 persen.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Plt. Kadis Pariwisata Resva Panjaitan saat membuka kegiatan bimbingan teknis destinasi super prioritas Danau Toba Tahun 2019 di Aula Hotel Martin Anugrah Doloksanggul, Rabu (11/9).

Lebih lanjut Resva menyampaikan target itu kedengarannya sangat bombastis, tapi pihaknya sangat yakin target itu akan tercapai jika seluruh elemen pariwisata siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik dengan memperhatikan dan menjual tidak hanya barang/jasa, tetapi kebersihan, keramahan dan dukungan lainnya.

"Saya memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Politeknik Pariwisata Negeri Palembang yang ikut ambil bagian dan saya yakini, program ini akan memberikan perubahan mindset dan mendongkrak semangat para pelaku usaha untuk berubah ke arah yang lebih profesional dalam menghadapi dan menjamu tamu yang akan berkunjung ke daerah kita, dengan tetap mengingat prinsip pelayanan bahwa tamu adalah raja, hormati, senangkan, nyamankan untuk singgah lebih lama dan datang kembali," ujarnya.

Dia juga mengatakan, pariwisata adalah industri yang paling cepat berkembang, melakukan perjalanan atau wisata telah menjadi gaya hidup sekarang ini dan Indonesia melihat secara sadar bahwa ini adalah peluang yang tidak akan dapat diulangi lagi.

"Presiden RI Joko Widodo menetapkan 10 destinasi pariwisata prioritas sebagai Bali baru, dan Danau Toba ditetapkan sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata nasional yang merupakan destinasi super prioritas, dengan target kunjungan wisatawan sebanyak 20 juta wisatawan mancanegara," sebutnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Pariwisata Negeri Palembang, Dr Zulkifli Harahap yang diwakili Kasubbag ADAK, Siti Rokayah didampingi Rhiza Eka Purwanto (Sekretaris Pusat Penelitian dan Pengembangan Masyarakat: P3M) kepada wartawan, di sela-sela acara mengatakan, Politeknik Pariwisata Negeri Palembang mendukung sepenuhnya, Danau Toba menjadi destinasi super prioritas, dengan menggelar sejumlah kegiatan berupa bimbingan teknis untuk meningkatkan sumber daya masyarakat (SDM) sebagai pelaku usaha pariwisata yang preferensi menyajikan makanan dan minuman dalam memberikan pelayanan kepada pengunjung.

"Bimtek adalah bagian Tri Darma Politehnik Pariwisata Negeri Palembang berperan aktif dan memiliki tanggung jawab dalam pembinaan dan pengembangan melalui penguatan SDM kepada para Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan juga kelompok pelaku wisata di 5 kabupaten kawasan Danau Toba Sumut," katanya.

Dia mengharapkan, tindak lanjut Bimtek itu akan memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan pariwisata di Danau Toba terlebih setelah ditetapkannya Danau Toba sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Tampil sebagai narasumber Tenaga Pengajar sekaligus Ketua Program Study Tata Hidang Poltekpar Palembang, Pelliyezer Karo Karo, dengan materi Penguatan Produk. Dan Tenaga Pengajar Poltekpar Medan, Mohammad Hamdani dengan materi Tata Graha, Penguatan Pelayanan dan Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (P3M). (BR8/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments