Sabtu, 14 Des 2019

Taman Kehati Pematangsiantar Dirancang Menjadi Pusat Hiburan Wisata Alam dan Pembelajaran

admin Kamis, 21 Maret 2019 16:11 WIB
Pematangsiantar (SIB)- Taman Kehati Kota Pematangsiantar dirancang menjadi pusat hiburan wisata alam dan pembelajaran (edukasi). Hal itu disampaikan Plt Kadis Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Pematangsiantar Dedy T Setiawan saat berbincang dengan SIB di kantornya, Rabu (20/3) sore.  

Dedy mengatakan, sebagai pusat wisata alam, lokasi Taman Kehati akan ditata dan diperindah. Menata seluruh taman, serta penempelan nama pohon, yang memberi kesan pembelajaran kepada pengunjung, untuk mengenal lebih banyak lagi jenis-jenis pohon.  

Selain memperbanyak tempat duduk, Dinas Lingkungan Hidup Pematangsiantar juga bekerjasama dengan pihak Taman Hewan Pematangsiantar dalam hal penyediaan sejumlah burung, yang menambah nuansa flora dan faunanya.  

"Akan kita buat kandang burung di sana. Jadi, pengunjung tidak hanya bisa menikmati arus sungai Bah Bolon, tapi juga merasakan nuansa flora dan fauna. Disamping prioritas penambahan vegetasi tanaman, untuk menciptakan Taman Kehati semakin sejuk dan asri," ungkapnya.

Kadis Lingkungan Hidup Pematangsiantar itu mengatakan, Taman Kehati dirancang menjadi tempat belajar dalam hal pembuatan pupuk organik. Serta lokasi mengajarkan anak, bagaimana cara memilah sampah yang memiliki nilai ekonomi, bagaimana caranya agar tetap mencintai lingkungan. 

"Kita juga buat pembelajaran (edukasi) pembuatan pupuk organik bagi generasi muda. Jadi, selain menyediakan wisata alam di Taman Kehati, juga memberikan pembelajaran  kepada pengunjung khususnya di bidang lingkungan hidup," sebutnya.

Disampaikan Dedy, di Taman Kehati juga akan disediakan tempat mendaur ulang sampah, sebagai tempat kreatifitas anak-anak pelajar di Kota Pematangsiantar.  

Terkait kenyamanan pengunjung, Dedy mengatakan, Taman Kehati akan menyediakan kamar mandi umum dan tempat parkir. Untuk menjamin keamanan, 6 orang petugas disiapkan berpatroli siang dan malam. 

"Direncanakan, 3 akses jalan untuk masuk ke lokasi Taman Kehati. Dari Jalan MH Sitorus dua jalur dan Jalan Sudirman Pematangsiantar 1 jalur," tutup Dedy. (D12/q)
Editor: admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments