Minggu, 17 Nov 2019

TMMD 105, Plt Bupati Bersama Danrem Tinjau Pembukaan Jalan

admin Minggu, 14 Juli 2019 16:04 WIB
SIB/Dok
TINJAU: Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf R Wahyu Sugiarto dan Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunte (berpakaian tentara) serta Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, meninjau pembukaan jalan menghubungkan Desa Cintamakmur Kecamatan Panai Hulu dengan Desa Tanjunghaloban Kecamatan Bilah Hilir sepanjang 1.725 dengan lebar 5 meter yang dibuka prajurit TNI yang melaksanakan TMMD ke-105 Kodim 0209 Labuhanbatu di Desa Cintamakmur Kecamatan Panai Hulu, Kamis (11/7).
Labuhanbatu (SIB) -Danrem 022 Pantai Timur Kolonel Inf R Wahyu Sugiarto didampingi Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso bersama Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunte meninjau pembukaan jalan desa sepanjang 1.725 dengan lebar 5 meter yang dibuka prajurit TNI yang melaksanakan TMMD ke-105 Kodim 0209 Labuhanbatu di Desa Cintamakmur Kecamatan Panai Hulu, Kamis (11/7).

"Kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) sebagai wujud dari kemanunggalan TNI dan rakyat dalam bentuk operasi bakti yang dilaksanakan bersama-sama seluruh komponen masyarakat termasuk pemerintah daerah," sebut Danrem 022/PT Kolonel Inf R Wahyu Sugiarto, menyebut tahun ini 50 Kodim serentak melaksanakan TMMD.

Seperti yang disampaikan Dandim, di desa ini ada pembukaan jalan dan sasaran kegiatan nonfisik semacam sosialisasi, penyuluhan dan lain-lain.

"Kegiatan fisik kita di sini ada pembukaan jalan dan pembangunan rumah tidak layak huni dan pembangunan lainnya," ujarnya.

Menurut Danrem, jalan itu dibuka karena memang selama ini tidak ada sarana jalan yang menghubungkan antara Desa Cintamakmur Panai Hulu dengan Desa Tanjunghaloban Kecamatan Bilah Hilir.

"Untuk membuka jalan itu, personil perharinya yang kita turunkan, TNI 132 orang, anggota Polres 12 dari Pemkab 14 dan dari masyarakat 150 orang. Kalau dijumlahkan sekitar 300 orang. Mereka itu digilir jangan sampai masyarakat di sini semua, kemudian pekerjaannya sehari-hari ditinggalkan. Jadi, diatur agar semua berjalan lancar," jelasnya.

"Inilah wujud dan peran kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dalam doktrin kita, TNI masih mengacu pada sistem pertahanan semesta. Jadi, doktrin itu hanya bisa dilakukan apabila tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat. Kalau kita pakai pribahasa itu ibaratnya TNI itu ikan rakyat. Masyarakat ini ibaratnya air, kalau ikan tanpa air, kan tidak bisa hidup," ungkap Danrem.

Dia menambahkan, Desa Cintamakmur dihunjuk sebagai lokasi TMMD ke-105 sebagai skala prioritas. Desa-desa lain juga akan menjadi bagian dari pelaksanaan kegiatan TMMD, tapi tidak bisa sekaligus karena dihadapkan dengan anggaran yang ada (terbatas).
Desa-desa yang lain juga nanti akan tersentuh, karena TMMD ini dilaksanakan satu tahun 3 kali, hanya untuk Kodim ini pelaksanaannya dua tahun sekali," ujarnya.

Danrem berharap kegiatan TMMD ini bukan hanya semata-mata buka jalan tetapi juga ada kegiatan nonfisik. Seperti sosialisasi terorisme, radikalisme, bahaya peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba dan segala macamnya. "Mudah-mudahan sosialisasi itu bisa menjadi semacam vitamin baru buat masyarakat, sehingga mungkin dengan kegiatan seperti itu mereka tadinya tidak tahu menjadi tahu," harap Danrem.

Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi menyebut TMMD ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dia berharap TMMD yang dilaksanakan hingga 8 Agustus depan ini bisa menghasilkan semangat gotongroyong bagi masyarakat dan bermanfaat buat masyarakat Desa Cintamakmur.

"Semoga masyarakat yang ada di Desa Cintamakmur ini bisa bergotongroyong menyelesaikan pembangunan-pembangunan pada TMMD ini," harapnya. (BR6/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments