Minggu, 18 Agu 2019

Sukses Mengelola UPR Amphibi, Marihot Anton Sihombing Dapat 2 Sertifikat

* Dede Wafiza Aisa Berharap Ikan Jurung Terhindar dari Kepunahan
admin Senin, 22 Juli 2019 16:58 WIB
SIB/Sarliman Manurung
SERTIFIKAT : Sekda Tapsel Parulian Nasution (2 kiri) menyerahkan sertifikat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP) RI kepada pengelola UPR Amphibi Marihot Anton Sihombing.
Tapsel (SIB) -Pengelola Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Amphibi Marihot Anton Sihombing mendapatkan 2 sertifikat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP) RI, Sertifikat tersebut diserahkan Sekda Tapsel Parulian Nasution di ruang kerja Sekda Tapsel di Sipirok, Jumat (19/7).

Parulian Nasution dalam sambutannya mengatakan, 2 sertifikat dari Kementerian Perikanan dan Kelautan RI, yaitu sertifikat cara pembenihan ikan jurung yang baik, dan sertifikat Cara Pembenihan Ikan Mas yang Baik (CPIB) karena Marihot Anton Sihombing sukses mengelola UPR Amphibi di Desa Lancat Sisoma, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapsel dan telah menuai hasil.

Marihot Sihombing mengatakan, saat ini UPR Amphibi Desa Padang Lancat Sisoma telah diakui secara Nasional. " Keberhasilan saya mengelola UPR Amphibi hingga memperoleh 2 sertifikat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI adalah atas motivasi dan dukungan dari Pemkab Tapsel dan PT.Norht Sumatera Hydro Energy sebagai pengelola PLTA Batangtoru. "PLTA Batangtoru telah memfasilitasi saya untuk mengikuti pelatihan di Balai Riset Perikanan Budi Daya Ikan Tawar dan penyuluhan perikanan di Bogor, Setelah pulang dari Bogor, PT NSHE membangun hatchery indoor fasilitas pembenihan teknik modern di sekitar kolam budidaya,"ujarnya seraya mengatakan PLTA Batangtoru siap memfasilitasi segala obat obatan, bangunan Hacthry Indoor dengan fasilitas 45 aquarium untuk pembenihan buatan.

Menurut Marihot Anton Sihombing, UPR Amphibi sudah sejak lama memproduksi benih ikan jurung dan ikan mas berkualitas ,bahkan diminati sejumlah daerah di Sumatera" Saya meyakini dengan ke-2 sertifikat yang saya peroleh dari Kementerian Perikanan dan Kelautan RI , usaha pembenihan ikan jurung dan ikan mas akan dapat meningkatkan pendapatan saya dan masyarakat,"ujarnya seraya berharap ,kiranya kemitraan dan dukungan PLTA Batangtoru terus berlanjut dan dapat ditingkatkan agar cita-cita melestarikan ikan jurung di Tapsel tercapai.

Terpisah Public Relation (PR) PT NSHE Dede Wafiza Aisa mengatakan, tujuan PLTA Batangtoru memfasilitasi Marihot Anton Sihombing agar ikan jurung terhindar dari kepunahan khususnya di Sungai Batangtoru dan di Kabupaten Tapsel .
"Kami berharap Ikan Jurung terhindar dari kepunahan dan kami tetap berkomitmen mendukung berbagai upaya dalam pemberdayaan masyarakat khusunya bagi masyarakat lokal," ujar Dede. (G05/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments