Rabu, 23 Okt 2019

Sambut HUT RI, Ketua PPM Sumut Berharap Bukit Kubu Berastagi Jadi Cagar Budaya Sejarah

Senin, 15 Agustus 2016 18:03 WIB
SIB/Dok
Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Sumut Irwan Sembiring didampingi fungsionaris.
Berastagi (SIB)- Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Sumut, Irwan Sembiring berharap pemerintah atau instansi terkait menjadikan kawasan Bukit Kubu Berastagi menjadi cagar budaya sejarah. "Pada masa perjuangan, pemerintah kolonial Belanda menjadikan areal Bukit Kubu sebagai pusat pengkaderan militer dan Pemerintah Indonesia menjadikan lokasi serupa sebagai pusat pendidikan kemiliteran sebagai pemasuk personel tentara menegakkan NKRI," ujarnya di Berastagi, Minggu (14/8).

Didampingi sejumlah pengurus PPM, anak pejuang dari keluarga Nelang Sembiring itu mengatakan, pribadinya dan ahli waris Nelang Sembiring seperti Dermawan Sembiring, Indra Sembiring dan Nelson Sembiring telah menjadikan areal Bukit Kubu Berastagi sebagai tatengger abadi. "Kalau kami sebagai anak Nelang Sembiring, paham dengan pelestarian perjuangan pahlawan. Itulah sebabnya keluarga Nelang Sembiring melestarikan kawasan sebagai monumen abadi," ujar pria yang masih aktif melestarikan semangat dan nilai-nilai kepahlawanan dengan melibatkan anak-anak dan remaja. "Anak-anak dan remaja saat ini, berwisata ke Berastagi dan menjadikan wilayah ini sebagai Taman Rekreasi Bukit Kubu. Bersamaan dengan rehat, kami ingin di sini pun disemangati dan digelorakan nilai-nilai kepahlawan," tegas Irwan Sembiring.

Ia menyitir harapan Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung yang minta TNI/Polri mengawal areal Bukit Kubu Berastagi sebagai satu tujuan wisata bersejarah. "Ya, pastilah. Bapak Pendiri Indonesia Bung Karno konon terkagum dengan fisik bangunan Bukit Kubu. Kami ahli waris sah Bukit Kubu pun diwarisi semangat nasionalisme Indonesia. Kami pasti menjaga dan melestarikan semangat tersebut," tegas Irwan Sembiring.

Menyambut HUT ke-71 Republik Indonesia, ujarnya, harapan seperti dikemukakan di atas semakin bergema. "Tujuh belas Agustus hanya momentum tapi semangat kebersamaan dalam nasionalisme abadi dan selamanya terpatri," ujarnya. Terus terang, sebagai Ketua PPM, saya punya tanggung jawab menularkan nasionalisme dan patriotisme. Sebagai keluarga pejuang, saya pun terpanggil, tutup Irwan Sembiring. (R9/f)





T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments