Jumat, 23 Agu 2019

Terancam Gagal Panen

Saluran Irigasi Sekunder di Nagori Janggir Leto Longsor

Sabtu, 22 April 2017 12:21 WIB
SIB/Revado Marpaung
LONGSOR : Saluran irigasi sekunder di Nagori Janggir Leto Dusun Sibaganding, longsor, Jumat(21/4).
Janggir Leto (SIB) -Saluran irigasi sekunder sungai bahkora di Dusun Sibaganding persisnya di belakang PT Jafpa kembali longsor. Akibatnya 400 hektare lahan yang diairi saluran tersebut terancam gagal panen.

Pangulu Nagori Janggir Leto, Binrot Hutabalian, Jumat (21/4) menuturkan bahwa saluran irigasi sekunder yang mengairi 400 hektar lahan di tiga nagori yakni Janggir Leto, Pematang Pane dan Simpang Pane sudah keempat kalinya longsor.

"Dua tahun yang lalu saluran tersebut sudah diswadayakan masyarakat dengan menyewa beko dari Pemkab. Tahun 2016 saluran tersebut sudah tertampung di Pemkab untuk dibangun tembok permanen, namun hingga kini belum terealisasi. Akibatnya saluran tersebut kembali longsor", kata Binrot.

Ditambahkan Binrot, bahwa dari tahun ke tahun hanya dilakukan swadaya masyarakat saja tanpa ada pembangunan yang permanen, sehingga saluran tersebut longsor berulang kali. "Padahal tanaman padi saat ini sedang membutuhkan air. Apabila tidak segera ditangani 400 hektar lahan akan gagal panen.

Binrot juga mengungkapkan pihaknya sudah melapor ke UPTD pengairan dan ke Camat Panei. Dinas pengairan juga sudah menyampaikan ke badan penanggulangan bencana.

Dia juga berharap agar pemerintah melalui dinas terkait segera menindaklanjuti saluran sekunder sungai bahkora yang longsor.(D14/c)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments