Minggu, 07 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran

Salat Idul Fitri 1441H di Labusel Diimbau Dilaksanakan di Masjid

redaksisib Sabtu, 23 Mei 2020 10:55 WIB
TEKAPE.co

Ilustrasi

Kotapinang (SIB)
Pelaksanaan Salat Idul Fitri (Ied) di Kabupaten Labusel selama ini terpusat di lapangan, namun tahun ini Pemkab Labusel hanya memerbolehkan masyarakat melaksanakan salat Idul Fitri (Ied) 1441 H di masjid-masjid.

Hal itu diungkap Kepala Dinas Kominfo Labusel M Irsan ketika dikonfirmasi, Jumat (22/05). Menurutnya, kebijakan tersebut dilakukan sesuai surat imbauan Bupati Labusel No. 465/Y65/Kesra/2020.

"Imbauan tersebut mengacu kepada Surat Edaran Menteri Agama No. SE. 6 tahun 2020 tanggal 6 April 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di tengah Wabah Covid-19," ungkapnya.

Dijelaskan, dalam imbauan itu ditekankan agar warga mengumandangkan takbir di masjid lingkungan masing-masing dan menghindari takbir keliling. “Kemudian, mengimbau pelaksanaan Salat Idul Fitri tidak dilakukan di lapangan. Bila melakukan salat di masjid harus memerhatikan protokol kesehatan," katanya.

Adapun protokol kesehatan yang harus dipatuhi lanjutnya, hadir salat berjamaah dalam keadaan sehat, memakai masker, dan membawa sajadah sendiri. Kemudian, tidak bersalaman atau berpelukan sebelum dan sesudah salat dan mencuci tangan sebelum dan sesudah salat.

Selanjutnya kata dia, khatib juga disarankan memersingkat kotbah. Sedangkan imam disarankan meringankan bacaan dengan ayat-ayat pendek dan mengakhirinya dengan qunut nazilah.

Setelah salat, sebut Irsan, seluruh jamaah disarankan langsung pulang ke rumah masing-masing. Bagi orang yang berstatus PDP dan ODP Covid-19 serta yang sakit lanjutnya, diminta agar tidak melaksanakan salat di masjid.

"Masyarakat juga diimbau agar menyegerakan membayar zakat fitrah atau mal kepada Baznas Labusel, untuk disalurkan kepada mustahak," katanya. (L06/p)
T#gs idul fitriLabuselMasjidSalat
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments