Minggu, 18 Agu 2019

Setiap Tahun Minat Siswa Masuk PTN Meningkat

SMAN 1 Sumbul dan SMAN 1 Sinehi Dairi Berbenah Diri

admin Jumat, 12 Juli 2019 14:06 WIB
Ilustrasi
Sidikalang (SIB) -Meningkatkan minat melanjutkan sekolah dan memotivasi para siswa untuk bersaing masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia, bukan hal mudah. Selain minat siswa yang masih minim, kemampuan para orang tua siswa untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi masih sedikit.

Hal ini disampaikan Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 1 Sumbul, Drs Silas Sahat Sihombing dan SMAN 1 Sinehi Kabupaten Dairi, Drs Budiman Tambunan kepada SIB, Rabu dan Kamis (10-11/7) di Sidikalang secara terpisah. Diakui keduanya, selain memberikan pendidikan tambahan di sekolah, pihak sekolah juga harus berusaha dengan maksimal memberikan keyakinan kepada orang tua siswa.

"Dengan segala keterbatasan SDM dan fasilitas, seluruh guru bekerja keras memberikan motivasi kepada seluruh pelajar, supaya mau dan mampu melanjutkan pendidikan ke PTN," ujar keduanya dan mengakui akan tetap berbenah diri di sekolah masing-masing.

Diakui Tambunan, Desa Pardamen Kecamatan Sinehi, Dairi yang jauh dari kota dengan berbagai keterbatasan akses dan fasilitas, tidak menyurutkan para pendidik meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di kecamatan paling ujung Kabupaten Dairi itu. Seluruh guru dengan gigih dan dukungan Kepsek, siswa dari SMAN 1 Sinehi mampu bersaing pada tingkat Olimpiade Siswa Nasional (OSN) dan masuk PTN.

"Seluruh guru ambil bagian melaksanakan kegiatan ekstrakuler bidang studi Matematika, Bahasa Inggris, Pembinaan TIK dan persiapan UNBK. Kegiatan ini disokong dari dana BOS dan tidak dibebankan kepada para orang tua siswa," ujarnya.

Data yang diterima dari Kepsek SMAN 1 Sumbul, 85 orang masuk dan diterima di PTN lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 27 orang, Seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDKPN) 13 orang, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 41 orang, Jalur Vokasi 1 orang dan jalur umum (ujian tulis) 3 orang. Sedangkan SMAN 1 Sinehi, jalur SNMPTN 7 orang, PMDKPN 2 orang, SBMPTN 18 orang dan jalur umum 1 orang.

Ditambahkan Tambunan, 28 orang yang masuk PTN tahun 2019, sebanyak 21 orang di antaranya melalui jalur bidik misi dan 7 jalur non bidik misi. Diuraikan Tambunan, Tahun Pelajaran (TP) 2017, dari 84 orang siswa yang lulus 15 orang masuk PTN sekira 18 %, TP 2018 dari 94 orang lulus PTN 19 orang sekira 20 % dan TP 2019 dari 104 orang masuk 28 orang sekira 27 %, meningkat setiap tahunnya.

Tidak jauh berbeda, Silas Sihombing juga mengaku tetap memberikan semangat kepada seluruh siswa dan orang tua, supaya meningkatkan pendidikan generasi muda sampai jenjang PT. Selain adanya minat para siswa, dukungan orang tua juga sangat dibutuhkan untuk pembangunan SDM.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh guru yang telah memberikan dukungan dan perhatian terhadap kelangsungan pendidikan siswa. Demikian juga kepada orang tua yang sudah memiliki minat dan kemampuan untuk menyekolahkan anaknya ke PTN. Harapan kita, setiap tahun semakin meningkat minat dan jumlah siswa diterima di PTN," harapnya.

Catatan SIB, pelajar SMAN 1 Sumbul juara 1 kimia OSN tahun 2019 dan SMAN 1 Sinehi meraih juara 1 OSN bidang studi astronomi pada Februari 2016 lalu dan juara 1 Astronomi OSN pada Februari 2019. Sementara Drs Budiman Tambunan merupakan salah satu guru yang menerima sertifikat dan medali education award 2013 dari International Human Resources Development Program (IHRDP) tahun 2013 silam. (K04/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments