Jumat, 06 Des 2019

SD Negeri di Mardinding Kekurangan Guru, Tapi Ada Guru Datang ke Sekolah Hanya Gajian

Kamis, 22 November 2018 19:11 WIB
Tanah Karo (SIB)- Sekolah Dasar (SD) Negeri Kecamatan Mardinding Kabupaten Karo kekurangan guru, sehingga kepala sekolah harus merekrut tenaga guru honor. Di balik kekurangan guru, ada oknum guru tingkat SD sudah bertahun-tahun tidak pernah datang ke sekolah untuk mengajar, ia datang hanya untuk mengambil gaji.

Informasi tersebut diperoleh SIB, dari guru-guru di lingkungan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) wilayah Kecamatan Mardinding. Menurut keterangan kepala sekolah, kekurangan guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) hampir di setiap sekolah. Sehingga harus direkrut tenaga honor yang dibiayai dari anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Terkait adanya oknum guru yang sudah bertahun-tahun tidak mengajar dan hanya datang gajian ke sekolah, kejadiannya sudah berlangsung lama, namun belum ada sanksi dari Dinas Pendidikan mau pun dari bupati, membuat para guru dan kepala sekolah diam.

Demikian dijelaskan beberapa masyarakat Desa Aek Nauli dan hasil konfirmasi dari pihak sekolah serta penjelasan Koordinator Kecamatan Mardinding Kasnaria Br Tarigan kepada wartawan di kantornya, Mardinding, Jumat (16/11) kemarin.

"Kejadian ini sudah saya laporkan kepada Kasnaria Br Tarigan selaku Ka UPT (sekarang Koordinator Kecamatan) dan kepada Dinas Pendidikan di Kabanjahe. Tapi sampai kini tidak ada perubahan," ujar pihak sekolah Rohana Sagala didampingi beberapa kepala SD se-Kecamatan Mardinding.

"Saya juga sudah laporkan langsung kepada Dinas di Kabanjahe. Bahkan saya sudah menyarankan kepada oknum guru tersebut membuat surat pindah dari Mardinding ke Kabanjahe atau di mana yang diinginkan. Tapi sampai sekarang tetap demikian. Kalau misalnya oknum guru membuat surat pindah dengan berbagai alasan, pasti kepala sekolah dan saya menyetujui," jelas Koordinator Kecamatan Kasnaria Br Tarigan didampingi Ketua MKKS Mardinding Indra Sembiring di sela-sela rapat dengan para kepala sekolah se-Kecamatan Mardinding di kantornya.

Keprihatinan juga dilontarkan anggota Komisi C DPRD Karo yang membidangi pendidikan Djidin Ginting SH MH saat dikonfirmasi, Rabu (21/11) di Kabanjahe. Kalau itu benar terjadi, kinerja Kepala Dinas Pendidikan Karo bersama jajarannya sungguh memalukan. Seorang guru tidak pernah datang mengajar ke sekolah dibiarkan atau tidak tahu itu terjadi, benar-benar aneh. Bagaimana Dinas Pendidikan Karo membangun pendidikan kalau hal itu dibiarkan.

"Perlu dipertanyakan, kepala dinas dan jajarannya ke lapangan ngapain. Jangankan tentang guru yang tidak pernah mengajar ini, banyak permasalahan di lingkungan Dinas Pendidikan menyimpang dan tidak terungkap," jelas Djidin. (B01/h)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments