Selasa, 10 Des 2019

Ruas Jalan Lumban Matio - Ambar Hoda Sipahutar Butuh Perbaikan

admin Minggu, 16 Juni 2019 12:44 WIB
SIB/Bongsu Batara Sitompul
Rusak : Ruas jalan Lumban Matio - Ambar Hoda Desa Onan Runggu I Kecamatan Sipahutar butuh perbaikan dan kondisinya sudah dipenuhi banyak lubang.
Taput (SIB) -Kondisi ruas jalan Lumban Matio - Ambar Hoda yang berlokasi di Desa Onan Runggu I Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara sungguh sangat memprihatinkan dan butuh perbaikan dengan segera.

Pantauan SIB di lapangan, Sabtu (15/6), sepanjang 800 meter ruas jalan tersebut sudah dipenuhi lobang - lobang besar. Susunan batu split di ruas jalan tersebut sudah berserakan.

Kondisi jalan yang menanjak dan menurun sangat membahayakan keselamatan bagi pengendara yang melintas. Para pengendara sepeda motor sering terjatuh saat melintasi jalan yang rusak parah tersebut.

Untuk kendaraan roda empat, sering tidak sanggup melaju saat melintasi ruas jalan yang menanjak akibat kondisi jalan yang berlobang. Bila ruas jalan tidak segera diperbaiki, dikuatirkan akan menyulitkan perputaran perekonomian di dusun tersebut. Secara otomatis, kendaraan yang mengangkut hasil pertanian masyarakat dari Dusun Ambar Hoda akan terkendala. Khususnya kendaraan roda empat.

Salah seorang warga masyarakat Dusun Ambar Hoda Bilsen Sitompul kepada SIB mengungkapkan, kiranya Dinas PUPR Taput bisa tanggap untuk memperbaiki ruas jalan Lumban Matio - Ambar Hoda.

"Ruas jalan yang rusak ini sudah empat tahun lamanya. Memang setiap tahun ada dialokasikan anggaran APBD Taput. Tahun 2015, perbaikan jembatan dan pengaspalan lapen. Kalau tahun 2017, pengaspalan lapen sepanjang 300 meter saja. Kami pun warga di kampung ini sangat mengucapkan terima kasih kepada SIB yang selalu mempublikasi kondisi jalan di kampung ini, " ungkapnya.

Bilsen juga mengaku, berkat getol diberitakan di SIB di tahun 2015, jembatan di Ambar Hoda yang kondisi sudah amblas langsung diperbaiki. Kemudian ruas jalan yang berlobang terus dipublis, di tahun 2017 dan tahun 2018, sepanjang 300 meter ruas jalan yang berlobang sudah aspal.

"Untuk itu, kami berharap, ruas jalan yang belum diperbaiki bisa segera diperbaiki oleh Dinas PUPR, " ungkapnya.

Terkait kondisi ruas jalan tersebut, Bupati Taput Nikson Nababan ketika dikonfirmasi menyatakan, dirinya akan menanyakan Kadis PUPR Taput apakah sudah ada dianggarkan di APBD 2019 untuk memperbaiki ruas jalan tersebut. Bila tidak ada dianggarkan, dirinya meminta supaya dianggarkan di P APBD 2019.

"Saya akan memanggil Kadis PUPR supaya turun segera ke lapangan untuk meninjau kondisi kerusakan jalan tersebut, " tuturnya. (G02/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments