Jumat, 20 Sep 2019

Ribuan Warga Kurang Mampu di Dairi Akan Dapat Bantuan Bedah Rumah

admin Jumat, 08 Maret 2019 13:52 WIB
SIB Tulus Tarihoran
SALAMAN : Anggota Komisi 5 DPR RI Capt Anton Sihombing bersalaman dengan Samsur Rizal Pane warga penerima manfaat BSPS tahun 2018, Kamis (7/3) di Sitinjo Payung Desa Sitinjo 2 Dairi.
Sidikalang (SIB) -Anggota Komisi V DPR RI Capt Anton Sihombing mengunjungi masyarakat penerima manfaat bantuan bedah rumah atau bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS), Kamis (7/3) di Sitinjo Payung Desa Sitinjo 2 Kecamatan Sitinjo, Dairi.

Disebutnya, BSPS adalah program bedah rumah yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang kurang mampu, bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sejak tahun 2015, pihaknya selalu aktif menggiring bantuan bedah rumah ke Kabupaten Dairi. Anton mengklaim bahwa semua bedah rumah dari Kementerian PUPR merupakan hasil dari aspirasinya. "Mulai dari tahun 2015 sudah ada ribuan keluarga yang menerima bantuan bedah rumah di Dairi," ucapnya.

Harapannya, tidak ada lagi rumah di Dairi yang tidak layak huni. Setiap keluarga, menerima bantuan bedah rumah sebesar Rp 15 juta. Lanjutnya, untuk tahun 2019, pihaknya sudah menggiring BSPS sebanyak 4.100 unit lebih. Namun, yang sudah keluar surat keputusannya sekitar 3.500 unit. Dan akan bertambah sekitar enam ratusan unit lagi.

Besaran BSPS tahun 2019 akan bertambah, dimana untuk bahan material sebesar Rp 15 juta dan upah pertukangan sebesar Rp 2,5 juta. Sehingga besaran BSPS yang akan diterima keluarga penerima manfaat sebesar Rp 17,5 juta. "Kita meminta kepada Menteri PUPR supaya besaran BSPS ditambahi," kata Anton.

Ia membenarkan, banyaknya persoalan mengenai bedah rumah sesuai informasi yang didapatkan dari penerima manfaat. Oleh sebab itu, Anton mengatakan akan meminta PUPR dan Pemerintah Daerah untuk mengkawal proses penyaluran hingga ke bawah. Penyaluran BSPS itu harus transparan, tidak boleh ada yang ditutup-tutupi. Penyaluran bantuan itu harus diawasi, dan tidak boleh dipermainkan.

Sementara itu, Samsir Rizal Pane warga penerima manfaat BSPS sangat berterima kasih kepada Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Anton Sihombing atas BSPS. Kita sangat bangga ada program BSPS, sehingga rumah kami bisa layak huni serta sehat. (B05/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments