Minggu, 21 Apr 2019

Rambing Aek Gorat Parsoburan Perpendek Jarak Toba-Habinsaran

admin Jumat, 11 Januari 2019 16:24 WIB
SIB/Eduwart MT Sinaga

RAMBING: Inilah Rambing Aek Gorat Parsoburan Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba Samosir, menjadi alternatif Toba-Habinsaran. 

Tobasa (SIB) -Jembatan gantung (rambing) Aek Gorat Parsoburan Kecamatan Habinsaraan, Kabupaten Toba Samosir, salahsatu jalur alternatif yang digunakan masyarakat yang datang ataupun akan kembali dari daerah Habinsaran menuju daerah Toba, pada Natal dan Tahun Baru 2019.

Selain waktu dan jarak tempuh yang dekat dibandingkan jalan umum (jalan provinsi) menuju daerah Habinsaran, jalan itu jauh dari ramainya lalu lintas kendaraan roda empat. Pasalnya, jembatan itu hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua.

Jalan alternatif itu bukan hanya digunakan para pemudik, tetapi warga daerah Habinsaran jika ingin bepergian ke daerah Toba menggunakan sepedamotor.

D Pardosi seorang pengendara sepedamotor kepada SIB beberapa waktu lalu, mengakui jalur Rambing Aek Gorat mengurangi jarak tempuh menuju daerah Toba. "Jaraknya lebih dekat dan lebih aman, karena lalu lintas roda 4 tidak ada," katanya.

Menurutnya, melalui jalan alternatif itu, dari daerah Parsoburan-Tornagodang sampai simpang Sibosur, jaraknya sekitar 6-8 kilometer. Jika dibandingkan dengan jarak dan waktu dari jalan utama yakni jalan provinsi dari Pasar Parsoburan ke daerah Simpang Sibosur bisa mencapai 18-20 kilometer.

"Selain jarak tempuh yang dekat, melalui Rambing Aek Gorat juga lebih aman seperti dari padatnya lalu lintas. Apalagi sekarang, ramai kendaraan roda 4 yang melintas ke daerah Parsoburan, baik mobil pribadi maupun angkutan umum," ujarnya. (H01/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments