Senin, 21 Okt 2019

RSUD HAMS Kisaran: BPJS Kesehatan Nunggak Pembayaran Hingga Rp 8 M

admin Jumat, 20 September 2019 19:02 WIB
Kisaran (SIB) -Rumah Sakit Umum Daerah Haji Abdul Manan Simatupang (RSUD HAMS) Kisaran mengklaim, hingga periode Mei dan Juni, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memiliki utang pembayaran ke rumah sakit sebesar Rp 8 M. Hal itu dikatakan Direktur RSUD HAMS Kisaran Harry Sapna kepada SIB melalui pesan WattApps, Kamis (19/9).

Harry Sapna mengatakan, sampai saat ini, klaim BPJS yang sudah dibayarkan kepada RSUD HAMS Kisaran hanya sampai April 2019. Adapun yang belum dibayarkan atau masih tertunggak yakni bulan Mei dan Juni, dananya sekitar Rp 8 M. Sedangkan untuk klaim bulan Juli, dalam minggu ini pihaknya akan segera mengklaim kembali ke BPJS.

Disinggung, apa dampak tunggakan BPJS terhadap layanan maupun pengadaan obat-obatan dan apa solusi yang dilakukan management, Direktur RSUD HAMS Kisaran menjawab, sampai saat ini belum ada masalah dalam pengadaan obat dan lainnya karena masih bisa ditutupi dari pendapatan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) lainnya.

Pada kesempatan lain ketika Harry Sapna ditanya pendapatnya tentang rencana kenaikan iuran BPJS, dia menyebut, rencana Pemerintah menaikkan iuaran BPJS kedepan harus dilihat juga dari segi devisit yang dialami oleh BPJS itu setiap tahunnya. Tentu kenaikan iuran ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah tunggakan BPJS ke seluruh rumah sakit di Indonesia.

Meski pun begitu, sebut Harry, kenaikan iuran tersebut hendaknya juga harus diimbangi dengan perbaikan sistem pelayanan di BPJS itu sendiri serta harus juga diperhatikan apakah kenaikan iuran tersebut dibebankan kepada peserta atau ditanggung Pemerintah.

Harapannya, ada skema pembiayaan yang baik dari Pemerintah agar kenaikan iuran BPJS tidak semakin menambah beban masyarakat yang kurang mampu. Sebab saat ini masih banyak terjadi masyarakat yang kurang mampu berobat ke RSUD HAMS Kisaran malah tidak punya kartu BPJS dikarenakan tidak mampu untuk membayar iuran setiap bulannya. (A04/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments