Minggu, 26 Mei 2019

Puluhan Ribu Warga Humbahas Sambut Jokowi di Doloksanggul

admin Sabtu, 16 Maret 2019 12:17 WIB
SIB/Frans Simanjuntak
TIBA DI HUMBAHAS : Presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan tiba di Kota Doloksanggul, Kabupaten Humbahas, disambut dengan sukacita dan sorak-sorai puluhan ribu warga, Jumat (15/3). Kedatangan Presiden ke-7 RI ini menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat dan pemerintah dengan harapan membawa kemajuan untuk Kabupaten Humbahas.
Humbahas (SIB) -Hari kedua kunjungan kerja di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pasar Tradisional Doloksanggul di Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Jumat (15/3).

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu disambut puluhan ribu warga Humbahas, yang sejak pagi sudah menunggu di sepanjang jalan protokol, Jalan Sisingamangaraja, Pasar Tradisional Doloksanggul, Terminal Doloksanggul dan Jalan Siliwangi, dengan pengawalan ketat dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan ratusan personel TNI dan Polri.

Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Doloksanggul, sekira pukul 11.30 WIB, bersama rombongan di antaranya Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Gubsu Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto, Pangdam I/BB Mayjend MS Fadhilah, Ruhut Sitompul, Bupati Tobasa Darwin Siagian dan pejabat lainnya.

Setiba di Doloksanggul, Jokowi dan Ibu Negara langsung meninjau Pusat Pasar Tradisional Doloksanggul didampingi Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor dan Ketua TP PKK Humbahas Ny Dosmar Banjarnahor Lidia Kristina. Di sana Jokowi bertatap muka dengan para pedagang dan membeli sejumlah barang di antaranya beberapa helai ulos.

Setelah dari sana, Jokowi dan rombongan menuju Hotel JJ Doloksanggul untuk beristirahat. Selanjutnya Presiden melaksanakan sholat Jumat di Mesjid Raya Doloksanggul dan makan siang di RM Bukit Tinggi Doloksanggul. Setelah itu, Presiden dan rombongan menuju Kecamatan Siborongborong Tapanuli Utara.

Dalam kunjungannya kali ini, di beberapa titik Jokowi tampak beberapa kali turun dari mobilnya dan mendekati kerumunan warga dan menyalaminya. Bahkan banyak di antaranya berhasil mengabadikan momen itu dengan berfoto selfie dengan Presiden ke-7 itu. Masyarakat merasa gembira dan bersorak-sorai bisa bertemu dan berjabat tangan dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Menurut mereka, kedatangan Jokowi ke daerah itu merupakan anugerah dan kebahagiaan yang tak terbilang harganya. Mereka juga mengaku bangga memiliki Presiden yang sederhana dan merakyat. Dan diyakini akan terpilih kembali menjadi Presiden RI untuk dua periode.

"Semenjak negara ini merdeka, baru kali ini saya melihat dan bertemu langsung dengan Presiden RI. Selama ini kami hanya bisa melihatnya lewat televisi, koran dan media sosial. Ini merupakan suatu kebanggaan buat masyarakat Sumatera Utara, khususnya masyarakat Humbahas. Semoga beliau sehat dan dilindungi Tuhan Yang Maha Esa dalam memimpin negara kita ini," kata sejumlah warga yang terus berdesak-desakan ingin melihat dari dekat mantan Wali Kota Solo itu.

Jokowi saat diwawancarai wartawan usai makan siang mengaku sangat kaget dan kagum melihat penyambutan masyarakat Kabupaten Humbahas. Dia tak menyangka kunjungannya itu bakal semeriah itu. Karena melihat persiapan yang begitu singkat. Dan memang, sejak awal tidak ada agenda kunjungan Presiden ke Kabupaten Humbahas. Ini semua berkat kerja keras Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor yang berhasil meyakinkan dan memohon agar Presiden Jokowi menginjakkan kaki di daerah itu.

"Saya sangat kaget sekali. saya tidak menyangka sambutan masyarakat seperti ini. Saya kaget. Ini kan perencanaan yang pendek sekali. Sehingga kalau melihat massa seperti ini, ini sebuah sambutan spontan yang luar biasa sekali," kata Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi berpesan kepada masyarakat Humbahas agar bekerja keras untuk meningkatkan taraf hidupnya. "Kita tetap bekerja, bekerja keras untuk menyejahterakan masyarakat Humbang Hasundutan," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor saat diwawancarai SIB di sela-sela kunjungan Presiden itu menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang sangat tinggi atas kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara dan rombongan ke daerah tersebut. Dia mengatakan, kedatangan Jokowi pasti akan membawa kemajuan buat daerah itu, khususnya untuk bidang pertanian dan pembangunan infrastruktur.

"Tadi beliau sampaikan pertanian di Humbang harus kita majukan. Kebetulan beliau tadi melihat traktor itu banyak, beliau akan tambahkan lagi itu. Terus yang kedua, beliau tadi telepon Menteri PUPR untuk membenahi kota Doloksanggul," ucapnya.

Terpisah, Dandim 0210/TU Letkol Inf Rico J Siagian kepada SIB mengatakan, untuk pengamanan kunjungan kerja Presiden ke kawasan Tapanuli (Tobasa, Humbahas dan Taput), pihaknya mengerahkan personel sebanyak 2.000 personel dari TNI dan 1.000 personil dari Polri. Personel itu disebar di pasar tradisional, hotel, mesjid, rumah sakit dan rute yang dilalui rombongan Presiden.

"Untuk anggota kita yang kami kerahkan dari TNI di Humbahas sekitar 700 personel. Kami diperkuat di BKO kan dari Batalion 122 dan 125. Sementara dari personel Polri lebih kurang 300 orang. Kalau total kita (TNI) sekitar dua ribuan personel yang tersebar di tiga kabupaten (Tobasa, Humbahas dan Taput). Dari Polri sekitar hampir 1000. Jadi kita sebar di segala titik, baik yang terbuka dan tertutup," kata Rico. (BR8/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments